Jadi tidak hanya kenal tahun baru bakar kembang api, tapi tahun baru Islam ini lebih meresapi peristiwa hijrah yang dilakukan Nabi Muhammad SAW
Bogor, (ANTARA News) - Menyambut Tahun Baru Islam 1440 Hijriah di Kota Bogor, Jawa Barat, Senin berlangsung semarak, sejumlah warga merayakan dengan melakukan berbagai kegiatan mulai dari pawai obor hingga tarhib keliling.

Warga di Kelurahan Kencana, Kecamatan Tanah Sareal menggelar tradisi tarhib menyambut Tahun Baru Islam, dengan berkeliling kampung.

Sekretaris Lurah Kecamatan Kencana, Yan Sofyan menyebutkan, sudah tradisi setiap menyambut tahun baru Islam warga melakukan tarhib keliling kampung.

"Rutin setiap tahun, tradisi tarhib tahun baru ini sejak tahun 1950 yang digagas oleh Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mambaul Islam," tambahnya.

Kemeriahan menyambut Tahun Baru Islam 1440 Hijriah terasa, puluhan pelajar MI Mambaul Islam melakukan pawai.

Usai berkeliling melakukan pawai, pihak Kelurahan Kencana menjamu anak-anak makan bersama di depan kantor kelurahan.

"Lurah Kencana juga alumni MI Mambaul Islam," kata Yan.

Yan menambahkan, kegiatan tarhib dan pawai keliling ini untuk mengenalkan kepada anak-anak Tahun Baru Islam yang diisi dengan kegiatan mempererat silaturahmi.

"Jadi tidak hanya kenal tahun baru bakar kembang api, tapi tahun baru Islam ini lebih meresapi peristiwa hijrah yang dilakukan Nabi Muhammad SAW," katanya.

Sementara itu, pawai obor berlangsung di kawasan Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barta.*

Baca juga: Ribuan siswa Pangkalpinang pawai taaruf peringati 1 Muharam

Baca juga: Narapidana Lapas Cipinang deklarasi hapus buta huruf Al-Quran


 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2018