Ankara, Turki, (ANTARA News) - Sembilan anggota Partai Pekerja Kurdistan (PKK) "dinetralkan" dalam serangan udara militer Turki di bagian tenggara negeri itu dan Irak Utara, kata militer Turki pada Sabtu (1/9).

Pemerintah Turki seringkali menggunakan kata "dinetralkan" dalam pernyataan mereka untuk melukiskan gerilyawan yang menyerah atau tewas atau ditangkap.

Di dalam posting di akun resmi Twitter, Kepala Staf Jenderal mengatakan serangan udara menghantam daerah pedesaan di Provinsi Hakkari, Turki, dan Wilayah Zap serta Avasin-Basyan di Irak, demikian laporan Anadolu --yang dipantau Antara di Jakarta, Ahad pagi. Tujuh anggota PKK "dinetralkan".

Menurut satu pernyatana yang dikeluarkan Kantor Gubernur Hakkari, dua gerilyawan terlihat oleh satu pesawat nir-awak di Wilayah Gunung Ikiyaka di Kabupaten Yusekova dan "dinetralkan" oleh militer Turki.

Dalam operasi terornya selama 30 tahun terhadap Turki, PKK --yang dimasukkan ke dalam daftar organisasi teroris oleh Turki, AS dan Uni Eropa-- telah bertanggung-jawab atas kematian sebanyak 40.000 orang.
 
Baca juga: Serangan udara Turki tewaskan 49 gerilyawan Kurdi di Irak
Baca juga: Kurdi Irak minta PKK pergi

Pewarta: Antara
Editor: Chaidar Abdullah
Copyright © ANTARA 2018