Palembang (ANTARA News) - Kepolisian Daerah Sumatera Selatan menyiapkan 1.700 personel gabungan untuk menyambut rombongan kirab pembawa obor api Asian Games di Palembang pada 4 Agustus 2018.

Personel gabungan itu disiapkan untuk mengamankan lalu lintas jalur yang dilalui rombongan kirab pembawa obor serta mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat, kata Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, di Palembang, Jumat.

Menurut dia, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, jajaran Polda Sumsel, Kodam II Sriwijaya dan instansi terkait lainnya berupaya membantu pengamanan seluruh rangkaian kegiatan sebelum hingga saat pelaksanaan Asian Games yang dijadwalkan berlangsung pada 18 Agustus-2 September 2018 itu.

Dengan menurunkan petugas keamanan secara maksimal, diharapkan seluruh kegiatan yang terkait dengan pelaksanaan pesta olahraga yang akan diikuti 45 negara kawasan Asia itu berjalan dengan baik, katanya.

Sementara untuk menjaga kamtibmas di Kota Palembang dan 16 kabupaten/kota wilayah hukum Polda Sumsel lainnya, sekarang ini dilakukan operasi cipta kondisi.

Operasi kepolisian itu dilakukan dengan sasaran utama preman dan penjahat jalanan yang berpotensi menimbulkan keresahan masyarakat.

Melalui upaya tersebut diharapkan selama berlangsungnya Asian Games dan seterusnya tidak terjadi tindak kriminal yang disebabkan preman serta penjahat jalanan seperti copet dan pelaku tindak pencurian dengan kekerasan atau yang dikenal dengan begal, kata Kapolda.

Sementara Plh Wali Kota Palembang Harobin Mastofamenambahkan pihaknya berupaya menyiapkan acara penyambutan rombongan kirab obor api Asian Games.

"Sebagai salah satu tuan rumah Asian Games ke-18 itu, perlu menyiapkan penyambutan obor tersebut dengan acara yang meriah," ujarnya.

Untuk menyiapkan acara tersebut pihaknya menginstruksikan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait bersinergi dan berkoordinasi dengan pihak kepolisian.

Acara penyambutan rombongan kirab pembawa obor api Asian Games yang melakukan perjalanan panjang dari Kepulauan Riau ke Jambi dan Palembang dijadwalkan 4 Agustus sekitar pukul 14.00 WIB.

Obor tersebut akan diterima Gubernur Sumsel Alex Noerdin, kemudian dibawa keliling Kota Palembang seperti kawasan kompleks arena pertandingan olahraga Jakabaring, Pulau Kemaro dan Benteng Kuto Besak (BKB) melalui Sungai Musi dengan menggunakan empat bus air, kata Harobin.

(Y009/N005)

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018