Mataram, NTB (ANTARA News) - Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Muhammad Zainul Majdi menerima obor Asian Games 2018 di depan Kantor Gubernur NTB.

Sebelumnya obor tersebut telah dibawa sambil berlari oleh sejumlah pelari. Titik awal atau start pawai obor tersebut dimulai di Pantai Ampenan pada pukul 14.35 Wita dan akan berakhir atau finis di depan Kantor Gubernur NTB.

Panjang lintasan obor tersebut, yakni sekitar 5 kilometer Obor itu dibawa secara bergantian oleh pelari setiap 400 meter. Pada 400 meter terakhir, obor tersebut dibawa oleh Kapolda NTB Irjen Pol Achmad Juri.

Sesampainya di depan Kantor Gubernur NTB, yakni pukul 16.50 Wita, Irjen Pol Achmad Juri menyerahkan obor Asian Games kepada Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi yang kemudian disulut ke cawan api (cauldron) yang telah disiapkan di lokasi.

Prosesi penyerahan sekaligus penyulutan api obor tersebut turut disaksikan secara langsung oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman Indonesia Luhut Binsar Panjaitan.

Sementara itu, ribuan warga menyaksikan jalannya prosesi tersebut. Selama prosesi itu berlangsung, warga berdiri di pinggir jalan sambil memotret dengan ponselnya masing-masing.

Obor Asian Games yang sebelumnya diterbangkan dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali itu telah tiba di Bandara Internasional Lombok pada pukul 07.45 Wita.

Obor kemudian dibawa melewati Desa Sade yang berada di Kabupaten Lombok Tengah sebelum akhirnya tiba di Pantai Kuta Mandalika. Setelahnya, obor dibawa menuju Kota Tua Ampenan.

Saat ini, obor Asian Games 2018 akan diinapkan untuk malam ini di Kantor Gubernur NTB. Pada Kamis besok, api obor itu akan diterbangkan ke Sorong, Papua.
Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan (tengah) bersama Gubernur NTB TGB Zainul Majdi (ketiga kanan) menyalakan mini kaldron saat pawai obor (torch relay) di Mataram, NTB, Rabu( 25/7/2018). Pawai obor Asian Games 2018 di Pulau Lombok melintasi sejumlah objek wisata favorit di Pulau Lombok seperti KEK Mandalika, Desa Tradisional Sasak Sade, Kota Tua Ampenan dan Islamic Center Hubbul Wathan NTB. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)


Baca juga: Obor Asian Games tiba di Mandalika

Baca juga: Ratusan siswa SD Lombok antusias sambut obor Asian Games

Baca juga: Obor Asian Games 2018 diharapkan pacu prestasi anak-anak Lombok

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018