Pamekasan (ANTARA News) - Kios kebutuhan bahan pokok terbakar di Pasar Sumber Wangi, Tlanakan, Pamekasan, Jawa Timur, Kamis, dan kebakaran itu terjadi akibat sambungan arus pendek listrik.

"Kejadiannya tadi siang sekitar pukul 13.00 WIB di Pasar Sumber Wangi, Desa Bandaran, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan," ujar Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Pamekasan Budi Cahyono per telepon, Kamis sore.

Lokasi kebakaran di perkampungan padat penduduk, tapi api segera berhasil dikuasi, berkas bantuan masyarakat setempat dan kesigapan petugas gabungan dari pemadam kebakaran, polisi, TNI dan BPBD Pemkab Pamekasan.

Menurut Budi, tidak ada korban jiwa dalam musibah itu, namun kerugian material ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

"Kios yang terbakar itu kios kecil yang khusus menjual kebutuhan bahan pokok masyarakat di pasar Desa Bandaran," katanya, menjelaskan.

Menurut catatan Antara, kebakaran kios sembako di Pasar Sumber Wangi, Desa Kramat, Kecamatan Tlanakan itu merupakan kali keempat yang terjadi di Kabupaten Pamekasan dalam dua bulan terakhir ini.

Pada Juni 2018, dua kasus kebakaran terjadi di dua lokasi berbeda, yakni dapur warga di Desa Montok, Kecamatan Larangan, dan pasar Pademawu, Pamekasan.

Lalu pada awal Juli 2018, sebuah toko di Pasar Gurem, Pamekasan, Madura, Jawa Timur juga terbakar, karena mengalami korsleting sambungan arus listrik.

Menurut Kepala BPBD Pemkab Pamekasan Akmalul Firdaus, musibah yang sering terjadi saat kemaraun selama ini memang kebakaran.

"Oleh karena itu, kami meminta masyarakat agar lebih teliti dan berhati-hati apabila hendak meninggalkan rumah. Pastikan semua jaringan listrik di rumah anda aman," ujar Firdaus.

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018