Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua MPR RI Abdul Muhaimin Iskandar mendesak pemerintah segera menindaklanjuti keputusan Israel untuk melarang warga negara Indonesia (WNI) masuk ke negara tersebut.

Salah satu upaya yang ditawarkan yakni dialog dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa, Israel, dan seluruh negara Islam yang tergabung dalam Organisasi Kerjasama Islam (OKI)

"Tripartit itu harus diajak dialog. PBB, Israel, dan Arab Saudi," kata Cak Imin sapaan Muhaimin di Demak, seperti yang tertulis dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat.

Cak Imin mengatakan, konflik Palestina-Israel yang sudah berjalan puluhan tahun menimbulkan banyak korban jiwa berjatuhan. Baik warga dan militer Palestina, maupun Israel.

Baca juga: Israel tidak seharusnya larang WNI ke Yerusalem

Karena itu, dia menilai perlu ada upaya yang gigih untuk menyelesaikan polemik tak berkesudahan tersebut.

"Harus ada cara baru agar tidak semakin banyak korban jiwa di palestina maupun israel, peperangan yang tidak berguna, zona wilayah Israel melebar menguasai zona wilayah Palestina," terang Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa tersebut.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri Israel mengeluarkan pernyataan larangan bagi WNI memasuki Israel. Mulai 9 Juni mendatang, WNI dilarang menginjakkan kaki di teritori yang dikuasai oleh Tel Aviv.

Baca juga: Akademisi: pemerintah desak PBB terkait larangan WNI ke Yerusalem

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018