Mataram (ANTARA News) - Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Ade Supandi menilai kegiatan "Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2018", 4-9 Mei 2018, di Lombok, Nusa Tenggara Barat, sebagai ajang membangunan budaya maritim Indonesia.

"Latihan bersama ini digelar dalam rangka membangun budaya maritim bahwa kita bukan negara kecil," kata Laksamana TNI Ade Supandi di Mataram, Sabtu.

Hal itu dikatakannya karena jika dlihat dari bentangan luas Indonesia, relatif sama dengan luas benua Amerika dari California sampai ke New York.

"Kalau kita paparkan luas Indonesia itu relatif juga sama dengan dari Turki sampai ke Inggris," ujarnya.

Karena itu, TNI AL dikatakannya wajib memberikan kontribusi kepada negara dengan cara menunjukkan eksistensinya kepada dunia internasional, salah satunya dengan mengoptimalkan kegiatan ini dan melakukan evaluasi untuk pelaksanaan di tahun selanjutnya.

"Ini yang harus saya lakukan dan saya sampaikan kepada staf untuk mengkaji kembali dari tahun ke tahun giat pelaksanaan latihan Komodo ini. Karena ini ajang kita untuk menunjukkan kredibilitas TNI AL di mata internasional," ucapnya.

Namun KASAL bangga melihat giat pelaksanaan untuk kali ketiganya ini, MNEK dikatakannya mampu menarik simpati dunia internasional.

"Terbukti dari jumlah peserta yang hadir kian meningkat. Tahun pertama di Batam, yang ikut itu 18 negara, pelaksanaan kedua tahun 2016 di Padang, jadi 32 negara dan sekarang 37 negara, ini luar biasa. Ini konsiatensi perlakuan dunia internasional kepada kita," katanya.

Dalam giat ketiganya ini, MNEK 2018 yang diselenggarakan di Lombok, mulai 4-9 Mei 2018, mengangkat tema "cooperation to respons disaster and humanitarian issues" (kerjasama dalam menanggulangi bencana dan masalah kemanusiaan".

Sebanyak 36 Angkatan Laut dari berbagai belahan dunia ikut berpartisipasi. Nampak dalam kegiatan ini, 15 kapal perang andalan negara peserta ikut tampil bersama 36 Kapal Perang Angkatan Laut Indonesia.
 

Pewarta: Dhimas Budi Pratama
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018