... Kuasa hukum dari panitia menyatakan siap bertanggung jawab...
Jakarta (ANTARA News) - Panitia penyelenggara yang diduga menjadi penyebab tewasnya dua anak saat pembagian sembako di Monumen Nasional, Jakarta, siap bertanggung jawab atas insiden mematikan itu, kata Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia, Rita Pranawati.

"Kuasa hukum dari panitia menyatakan siap bertanggung jawab," kata dia, di Jakarta, Jumat, usai memanggil panitia penyelenggara pembagian sembako di Monumen Nasional.

Dalam pemanggilan panitia KPAI itu dihadiri unsur KPAI dan kuasa hukum panitia sementara ketua panitia tidak dapat hadir karena alasan sakit.

Dia mengatakan pihak panitia juga siap menemui keluarga korban untuk berkomunikasi membicarakan berbagai hal terkait insiden tersebut.

Panitia, kata dia, juga meminta maaf atas terjadinya insiden memilukan itu. Sejauh ini, polisi masih melakukan investigasi terhadap kasus itu. "Kuasa hukum tergolong kooperatif dengan hadir dalam pemanggilan pertama oleh KPAI," kata dia.

Meski begitu, dia belum bisa menyimpulkan kejadian utuh dari insiden itu karena pemanggilan dari unsur panitia itu merupakan fase awal. Selanjutnya, KPAI juga akan memanggil pihak pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang memberi izin kegiatan itu.

"Proses pendalaman akan terus kita lakukan agar diperoleh informasi yang utuh, kami akan terus melakukan kroscek," kata dia.

Sebelumnya, kata dia, KPAI juga telah menemui pihak keluarga korban insiden meninggalnya dua anak di Monumen Nasional dalam rangkaian acara bagi-bagi sembako.

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018