Anak usaha J-Resources catat nihil kecelakaan kerja

Anak usaha J-Resources catat nihil kecelakaan kerja

Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan tambang emas PT Sago Prima Pratama (SPP), anak usaha PT J-Resources Asia Pasifik Tbk, meraih Penghargaan Nihil Kecelakaan Kerja dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara.

Industri tambang yang beroperasi di Seruyung, Kabupaten Nunukan ini mencatat tanpa kecelakaan kerja selama 7.369.160 jam kerja untuk periode 1 Januari 2015 hingga 31 Desember 2017.

"Penghargaan ini adalah nilai dari apa yang telah dilakukan selama ini. Ini juga memastikan perusahaan telah menerapkan standar K3 yang baik dalam perilaku maupun lingkungan kerja. Sehingga telah tercipta suasana dan lingkungan kerja yang nyaman dan aman bagi semua karyawan," kata Kepala Teknik Tambang PT Sago Prima Pratama, Arissandi dalam siaran persnya di Jakarta, Rabu.

Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie di Gedung Darma Wanita, Tanjung Selor, Kalimantan Utara. Penghargaan ini juga diberikan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ke-5 provinsi ini.

Arissandi menjelaskan untuk menghindari kecelakaan kerja hal yang selalu ditanamkan kepada karyawan adalah saling mengingatkan satu sama lain akan setiap potensi bahaya tanpa melihat kedudukan seseorang. Karena kecelakaan tidak mengenal jabatan, jenis kelamin maupun usia.

Sebelum bekerja, karyawan diminta untuk memastikan adakah kondisi berbahaya di sekitar mulai dari rekan kerja, peralatan dan kondisi lingkungan. "Jika ada segera diatasi atau dilaporkan," jelas Arissandi.

Ia mengatakan kondisi kerja yang aman dan nyaman serta lingkungan yang terjaga akan berpengaruh pada produktivitas kerja. "Memang perlu biaya tambahan tetapi itu tidak sebanding dengan biaya yang harus dikeluarkan jika terjadi kecelakaan atau kerusakan lingkungan," katanya.

Oleh karena itu perusahaan terus melakukan sosialisasi terkait prosedur, meningkatkan partisipasi aktif karyawan dalam mengontrol perilaku dan lingkungan dengan "tools" yang sudah disiapkan. "Dengan demikian pada akhirnya muncul kesadaran bahwa K3 itu menjadi kebutuhan sehingga harus dijadikan budaya kerja," katanya.

Direktur PT J Resources Asia Pasifik Tbk (PSAB), Edi Permadi mengatakan penghargaan yang diterima anak usaha menunjukkan komitmen perusahaan untuk mengedepankan aspek keselamatan dan pemeliharaan lingkungan dalam aktivitas pertambangan di seluruh anak usaha.
Pewarta : Faisal Yunianto
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2018