Manado (ANTARA News) - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Evert Ernest Mangindaan menyarankan partai politik mengutamakan kualitas dalam proses rekrutmen anggotanya.

"Saya setuju saat proses seleksi, partai utamakan yang berkualitas. Jangan mau kalau ada yang bayar biar boleh masuk partai, yang berkualitas jadi tidak terlihat," ujar Mangindaan di Universitas Sam Ratulangi, Manado, Kamis.

Menurut dia, sosok berkualitas akan lebih mengutamakan integritas dalam kepemimpinannya, sehingga tindakan-tindakan yang mengarah pada korupsi bisa dihindari.

"Kaderisasi parpol saya kira perlu lebih serius, harus diperketat. Kita lihat ada ratusan kepala daerah yang ditangkap KPK. Kasihan rakyat," kata mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tersebut.

Menteri Perhubungan pada Kabinet Indonesia Bersatu II itu juga berpendapat bahwa parpol harus menyiapkan sanksi berat bagi anggotanya yang terlibat kasus korupsi.

"Kita ini masih perlu ada sanksi berat. Dengan demikian, mereka akan lebih serius mengurus rakyat jika menjadi pemimpin," ujar dia.

Kendati demikian, Mangindaan menuturkan bahwa menghadirkan pemimpin yang bersih bukan hanya menjadi tugas parpol.

Masyarakat, ungkap dia, juga harus pintar menyeleksi calon pemimpin mereka, agar ke depannya tidak dirugikan.

"Pilih yang betul-betul memperjuangkan kepentingan rakyat, jangan asal. Syaratnya dia tahu tugasnya sebagai pemimpin, dia tahu batasannya dalam bertindak," terang mantan Gubernur Sulawesi Utara tersebut.

Pewarta: Agita Tarigan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018