Lhokseumawe, Aceh (ANTARA News) - Ratusan prajurit Kodim 0103/Aceh Utara divaksin difteri untuk mencegah penyakit itu berjangkit di antara mereka.Vaksinasi difteri berlangsung di Aula Sapta Marga Markas Komando Kodim 0103/Aceh Utara, di Lhokseumawe, Kamis.

Perwira Penghubung Kodim 0103/Aceh Utara, Mayor CBA Jumiin, mengatakan, pemberian vaksin oleh Dinas Kesehatan Aceh Utara bekerjasama dengan Detasemen Kesehatan Wilayah Kodam Iskandar Muda 04.01 Lhokseumawe dalam rangka pencegahan penyakit defteri.

Selain itu, lanjut Jumiin, pemberian vaksin juga bertujuan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman secara menyeluruh kepada seluruh prajurit dan keluarga besar Kodim 0103/Aceh Utara, tentang bahaya penyakit difteri.

Sebelum dilaksanakan pemberian vaksin, Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Lhokseumawe, dr Helizar, memberikan penyuluhan tentang bahaya penyakit difteri kepada prajurit.

Difteri adalah penyakit yang disebabkan bakteri Corynebacterium diptheriae yang dapat menyebar melalui kontak fisik atau pernapasan.

"Sedangkan gejala awalnya adalah terjadinya radang tenggorokan, hilang nafsu makan dan demam ringan selama 2-3 hari serta timbul selaput kebiru-biruan pada tenggorokan dan tonsil," kata dia.
 

Pewarta: Mukhlis
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018