Majalengka (ANTARA News) - Hujan deras yang terjadi pada Minggu (11/3) malam di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, mengakibatkan tebing setinggi 15 meter longsor dan juga memyebabkan banjir.

"Hujan deras yang mengguyur wilayah Majalengka dan sekitarnya sejak Minggu (11/3) sore hingga senin (12/3) dini hari mengakibatkan longsor dan banjir," kata Kapolres Majalengka, AKBP Noviana Tursanurohmad di Majalengka, Senin.

Noviana mengatakan bahwa tebing setinggi 15 meter, panjang 100 meter dan lebar 70 meter longsor menimpa jalan yang menghubungkan antara Desa Sindangpano, Desa Bantaragung serta Desa Payung dan tidak bisa dilalui kendaraan.

Lokasi longsoran tersebut kata dia, berada di Blok Cibitung, Rt 06/03, Desa Sindangpano, Kecamatan Rajagaluh dan dipastikan kejadian tersebut tidak ada korban jiwa.

Noviana mengatakan atas kejadian tersebut langsung menerjunkan puluhan anggota Sat Sabhara Polres Majalengka, untuk membersihkan material longsor yang menimbun jalan tersebut.

"Anggota kami dari Sat Sabhara Polres Majalengka dan Polsek Rajagaluh langsung ke lokasi dan melakukan kerja bakti bersama warga sekitar untuk membersihkan material longsoran itu," tuturmya.

"Sehingga akses menuju ke tiga desa tersebut, bisa dilalui kembali oleh pengguna jalan," lanjutnya

Selain longsor kata Noviana, hujan juga menyebabkan seratuasan rumah warga Dusun Cikamangi, Desa Leuweunghapit terendam banjir dan masyarakat setempat terpaksa harus di evakuasi.

"Banjir dengan cepat masuk ke pemukiman bahkan membuat warga di sejumlah daerah terpaksa dievakuasi," katanya.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018