Jakarta (ANTARA News) - Berikut lima berita pada Kamis (1/3) yang masih layak Anda simak:

Presiden dan Menhan bahas kondisi Baasyir

Presiden Joko Widodo dan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu membahas kondisi kesehatan Abu Bakar Baasyir yang memburuk saat ini.

"Kita prihatin karena dia kan sudah tua, sakit sakitan, kakinya bengkak-bengkak," kata Ryamizard ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis.

Ryamizard mengaku dirinya sudah menemui keluarga Abu Bakar Baasyir pada Rabu (28/2) di Solo untuk mendapatkan informasi kondisi Baasyir.

"Kita prihatin karena dia kan sudah tua, sakit-sakitan, kakinya bengkak-bengkak, makanya dengan alasan kemanusiaan, apa kata dunia kalau ditahan di lapas," katanya.


Heru jadi kepala BNN, KPK sibuk cari penggantinya

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan segera mencari orang yang bisa mengisi jabatan Deputi Penindakan yang ditinggalkan Heru Winarko yang sekarang sudah dilantik sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN).

"Pengganti Pak Heru di KPK nanti salah satu direktur di bawahnya jadi plt. Tapi segera akan kita lakukan tes, segera itu tidak lama. Insya Allah tanggal 9 Maret kita sudah dapat lembaga yang mengetesnya karena (lembaga yang mengetes) ditender," kata Ketua KPK Agus Rahardjo di Istana Negara Jakarta, Kamis.

Presiden Joko Widodo pada hari ini melantik Irjen Pol Heru Winarko sebagai Kepala BNN menggantikan Komjen Pol Budi Waseso yang memasuki masa pensiun. Heru sebelumnya adalah Deputi Penindakan KPK sejak 15 Oktober 2016.


Dunia ramai-ramai tekan Myanmar berhenti persekusi Rohingya

Para aktivis kemanusiaan dan politisi Eropa mendesak dunia untuk memaksa Myanmar menghentikan pembersihan etnis Rohingya dan kalau perlu memejahijaukan Myanmar dengan tuduhan kejahatan terhadap kemanusiaan dan pembersihan etnis.

Seruan mereka itu disampaikan dalam sebuah seminar tentang Rohingya di Brussels, Belgia, Rabu waktu setempat pekan ini.

Salah satu yang menyerukan ini adalah Soraya Post. Anggota parlemen dari Swedia ini mengungkapkan bahwa Rohingya "dibenci karena agamanya. Mereka dibenci karena meningkatnya nasionalisme di Myanmar."


Eks lokalisasi Dolly Surabaya jadi kawasan produktif

Eks lokalisasi Dolly dan Jarak di Kota Surabaya, Jawa Timur, yang telah ditutup empat tahun lalu oleh pemerintah kota setempat, kini menjadi kawasan produktif.

"Eks lokalisasi Dolly dan Jarak ini mengalamani banyak perubahan baik dari aspek sosial maupun ekonomi," kata Camat Sawahan M. Yunus di Surabaya, Kamis.

Menurut dia, eks lokalisasi Dolly dan Jarak mulai berkembang salah satunya dari segi ekonomi yang dibuktikan dengan adanya beberapa usaha industri kreatif yang mulai berkembang di kawasan tersebut.


Peneliti Indonesia terima penghargaan dari pemerintah Belgia

Peneliti asal Indonesia, dr. Arief Wibowo menerima penghargaan bergengsi "King Baudouin Award" dari King Baudouin Foundation, yayasan di bawah pengawasan Ratu Belgia sebagai Honorary President di bidang kardiovaskular di Brussels, ibu kota Belgia, Rabu.

Penelitian dr. Arief Wibowo bertajuk "Neovascularization Potential Exosomes Derived from Blood Outgrowth Endothelial Cells in Ischemic Cardiomyopathy" atau Potensi Terapi Exosomes pada Pasien Gagal Jantung Ischemi merupakan spesialisasinya sejak menempuh program doktoral di departemen Penelitian Kardiovaskular di Katolieke Universite Leuven (KUL).


Selengkapnya di sini:




 

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018