Jayapura, Papua (ANTARA News) - Anggota KPUD Papua, Musa Y Sombuk, menyatakan, para pemilih pemula harus cerdas dalam memilih dan menentukan sikap politik dalam Pilkada 2018 maupun Pemilu 2019.

"Adik-adik harus menyikapi suasana pemilu dengan jeli dan tidak terpengaruh dengan suasana politik yang sering kali memanfaatkan," kata Sombuk dalam lokakarya sehari tentang partisipasi pemilih pemula dalam pemilu di aula SMK YPK Diaspora, Jayapura, Selasa.

Dia hadir bersama dua pemateri lainnya yakni Ketua AJI Jayapura, Lucky Ireeuw, dan Kepala Satuan Binmas Polres Jayapura Kota, AKP Jhonny Anakotta, dalam lokakarya yang digelar oleh Indonesian Journalist Network Papua dan Papua Barat.

Dia mengatakan siswa yang akan menjadi pemilih pemula dalam pemilu nanti harus, "Bersikap kritis dan cerdas dengan tidak asal tentukan pilihan."

Menurut dia, pemilih pemula merupakan generasi yang paling mempengaruhi kiprah partai politik dan memiliki dampak yang sangat besar.

"Tapi partisipasi para pemilih pemula masih tergolong rendah sekitar 20 hingga 35 persen, sementara porsi mereka sebesar 70 persen," katanya.

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018