Manado (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyebut agar masyarakat mewaspadai hujan lebat dan petir yang berpeluang terjadi di sejumlah wilayah Sulawesi Utara, pada Rabu (7/2).

"Kami berharap warga mewaspadai potensi terjadinya hujan dengan intensitas lebat yang disertai kilat/petir," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Sutikno, Selasa.

Cuaca ekstrem itu diperkirakan terjadi di wilayah Kota Manado, Amurang (Kabupaten Minahasa Selatan), Lolak (Kabupaten Bolaang Mongondow), dan Ondong Siau (Kabupaten Kepulauan Sitaro).

Sutikno menjelaskan, pada pagi hari potensi hujan lokal intensitas ringan hingga lebat di seluruh wilayah Sulut, kecuali Molibagu (Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan) cuaca berawan.

"Siang hari berpeluang hujan lokal dengan intensitas ringan hingga lebat di seluruh wilayah Sulut," katanya.

Selanjutnya, pada malam hari potensi hujan lokal dengan intensitas ringan hingga sedang di seluruh wilayah Sulut, kecuali Molibagu, Tutuyan (Kabupaten Bolaang Mongondow Timur) dan Melonguane (Kabupaten Kepulauan Talaud) cuaca berawan.

Pada dini hari nanti, diperkirakan hujan lokal intensitas ringan hingga sedang di wilayah Kota Manado, Tomohon, Kotamobagu, Amurang, Lolak, Boroko (Kabupaten Bolaang Mongondow Utara), Ondong Siau dan Tahuna.

"Suhu udara berkisar 19-32 derajat Celcius dengan kelembaban 80-95 persen, sementara kecepatan angin yang bertiup dari Barat-Barat Laut 10-30 kilometer per jam," katanya.

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018