Bandung (ANTARA News) - Sejumlah rumah rusak akibat angin puting beliung yang menerjang pemukiman penduduk di Kecamatan Jatinagara, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis.

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Ciamis Ade Waluya mengatakan, angin puting beliung itu melanda Desa Jatinagara, dan Desa Mulyasari, menyebabkan pohon tumbang dan merusak rumah warga.

"Bencana alam puting beliung ini mengakibatkan beberapa pohon tumbang menimpa rumah warga dan menghalangi Jalan Raya Jatinagara," katanya.

Ia menyampaikan, selain dua desa di Kecamatan Jatinagara, angin puting beliung juga melanda daerah lainnya di Desa Sirnabaya, Kecamatan Rajadesa.

Peristiwa tesebut, kata dia, tidak menimbulkan korban jiwa, hanya kerugian materi akibat kerusakan material bangunan rumah.

"Tak ada laporan korban jiwa, hanya kerugian materi," katanya.

Ia menambahkan, sebelumnya hujan deras mengguyur wilayah Ciamis, tidak lama kemudian terjadi angin kencang membuat warga panik menyelamatkan diri ke tempat lebih aman.

Petugas di lapangan, kata dia, masih melakukan pendataan jumlah kerusakan rumah, termasuk kerugian materi yang diderita warga.

"Kerugian materil masih dalam pendataan," katanya.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018