Bandung (ANTARA News) - Budawayan yang juga sastrawan Indonesia Ajip Rosidi genap berusia 80 tahun dan bertepatan dengan hari jadinya tersebut, ia mengadakan acara syukuran yang dilaksanakan di Gedung Perpustakaan Ajip Rosidi, di Jalan Garut Kota Bandung, Rabu.

Sahabat Ajip Rosidi, yakni Etty RSmenjadi ketua pelaksana acara Syukuran Milangkala 80 tahun Ajip Rosidi dan ia menyampaikan bahwa pada bulan November 2017 Ajip meminta bantuan kepadanya untuk mengadakan kumpul bersama kawan-kawan Ajip pada hari ulang tahunnya.

Awalnya, Etty merasa keberatan namun akhirnya dirinya menyanggupi untuk mengadakan acara syukuran ini.

"Kang Ajip mah nyuruhnya bikin acara yang sederhana aja, soalnya cuman pengen kumpul sama temen-temen. Cuma kan sesederhana-sederhananya Kang Ajip gitu," kata Etty.

Etty juga menyampaikan bahwa konsep acara syukuran kali ini tidak direncanakan, namun tetap diisi dengan konten-konten yang berarti bagi Ajip Rosidi salah satunya dengan membagikan buku-buku karya Ajip Rosidi kepada tamu yang hadir.

Tamu yang diundang berjumlah 250 orang yang seluruhnya merupakan kawan-kawan dari Ajip Rosidi. Banyak orang-orang yang memberikan kontribusinya untuk acara ini, seperti Bimbo, Connie Sutedja, dan seniman-seniman besar lainnya.

Pada acara syukuran kali ini, kawan-kawan Ajip satu per satu menampilkan sesuatu kepadanya. Dari mulai membacakan sajak hingga menyanyikan sebuah lagu. Adapun persembahan lilin dan kue ulang tahun kepada Ajip.

Rencananya acara syukuran ini akan diadakan juga di Jakarta, namun belum ditentukan waktu dan tempatnya.

Menurut Etty RS, Ajip Rosidi merupakan pribadi yang galak dan baik serta dirinya juga berharap Ajip Rosidi berumur panjang dan tetap berkarya.

"Beliau itu tiada hari tanpa menulis, setiap hari selalu menghasilkan karya," kata Etty.

Sementara itu, sahabat Ajip Rosidi yang juga Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar hadir pada acara syukuran Ajip Rosidi ke-80 tahun .

Pria yang akrab disapa Demiz ini mengaku bersyukur dapat menyaksikan perjalanan Ajip Rosidi di dunia seni selama ini.

"Dia kalau tidak kerja malah sakit, batuk dan lain sebagainya. Tapi kalau kerja, hilang semua penyakitnya," kata Demiz.

Dirinya menganggap Ajip Rosidi sebagai sosok yang menginspirasi dengan karya-karyanya dan bahkan ia salut dengan semangat Ajip Rosidi dalam membuat karya yang baik hingga saat ini.

Ia menuturkan sempat menyaksikan Ajip Rosidi yang hampir pingsan pada saat menghadiri salah satu acara di tahun 2017.

"Dia tidak ingin duduk, pengennya berdiri terus. Sampai akhirnya dia minta tolong dipeluk karena merasa mau pingsan," katanya.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018