Situbondo (ANTARA News) - Belasan rumah warga di Desa Pasir Putih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Selasa petang rusak diterjang angin puting beliung.

"Angin puting beliung terjadi pada petang tadi di dua dusun Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, sekitar pukul 17.30 WIB," kata Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Situbondo Puriyono di Situbondo, Selasa malam.

Ia menyebutkan, rumah warga terdampak bencana angin puting beliung itu tercatat sebanyak 14 unit. Di Dusun Tegal Mulya empat rumah, sedangkan di Dusun Krajan sebanyak 10 rumah.

Dari 14 rumah warga terdampak angin puting beliung tersebut, katanya, mayoritas mengalami rusak ringan, seperti rusak pada atap rumah (genteng) dan asbes rumah jebol akibat terjangan angin puting beliung.

"Dari keterangan warga, angin puting beliung datang tiba-tiba dan sebelumnya juga di wilayah tersebut diguyur hujan lebat. Selain rumah, sejumlah pohon di desa itu juga roboh," katanya.

Ia menambahkan, upaya petugas BPBD melakukan koordinasi dengan aparat desa dan Muspika setempat, guna mengetahui situasi kondisi di lapangan serta kebutuhan warga yang mendesak.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018