Jakarta (ANTARA News) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa Pemda DKI akan terus mengawasi perkembangan penataan kawasan Tanah Abang di wilayah Jakarta Pusat.

"Sampai dengan saat ini, penataan kawasan Tanah Abang terus kami pantau, kami awasi progresnya. Semuanya masih berjalan dengan baik," kata Sandiaga di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa.

Menurut dia, hingga 13 Januari 2018, tercatat jumlah penumpang secara keseluruhan yang menggunakan Bus Transjakarta Tanah Abang Explorer mencapai 15.820 orang.

"Dari awal dimulainya penataan Tanah Abang sekaligus pengoperasian Bus Transjakarta Tanah Abang Explorer, jumlah penumpangnya sudah mencapai 15.820 orang dan terus bertambah," ujar Sandiaga.

Dia menuturkan jumlah tersebut menunjukkan tingginya antusiasme warga yang memanfaatkan kehadiran moda transportasi gratis itu untuk bepergian di kawasan Tanah Abang.

"Terutama ketika weekend atau akhir pekan, jumlah penumpang Bus Transjakarta Tanah Abang Explorer itu banyak sekali. Berarti memang antusiasme warga juga tinggi," tutur Sandiaga.

Dia mengungkapkan jumlah keluhan kemacetan di kawasan tersebut juga mengalami penurunan apabila dibandingkan dengan sebelum dilakukan penataan. Namun, keluhan kembali meningkat saat libur panjang.

"Berdasarkan data yang kami peroleh dari aplikasi Waze, ada penurunan tingkat kemacetan dari sebelum ditata hingga dua minggu setelah dilakukan penataan. Kami pantau terus perkembangannya," ungkap Sandiaga.


Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018