Tanggul Sungai Cikaranggelam Cikampek jebol

Tanggul Sungai Cikaranggelam Cikampek jebol

Ilustrasi--banjir. (ANTARA FOTO/Rahmad)

Karawang (ANTARA News) - Tanggul Sungai Cikaranggelam yang berlokasi di wilayah Cikampek, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, jebol akibat tingginya debit air sungai tersebut, Minggu.

"Lokasi tanggul yang jebol berada di Desa Dawuan, Kecamatan Cikampek," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang Banuara Nadeak, kepada Antara, di Karawang.

Ia menyatakan, tanggul sungai itu jebol karena debit air yang cukup tinggi. Atas kejadian itu BPBD Karawang menyiagakan personel di lapangan untuk mewaspadai dampak jebolnya tanggul sungai tersebut.

Untuk sementara ini dilaporkan, dampak jebolnya tanggul Sungai Cikaranggelam tersebut tidak mengakibatkan banjir. Hanya mengganggu pendistribusian air untuk mengairi areal sawah di sejumlah wilayah Karawang hingga Subang.

"Kami langsung berupaya menangani jebolnya tanggul sungai itu. Selain menyiagakan personel, juga diturunkan alat berat untuk langsung melakukan perbaikan tanggul," kata Banuara.

Sementara itu, tanggul sungai itu jebol dengan panjang sekitar 15 meter. Peristiwa itu terjadi akibat tinggi debit air dan kondisi tanggul yang tidak mampu menahan arus sungai.

Sungai Cikaranggelam itu sendiri selama ini menjadi penyebab banjir di wilayah Cikampek dan sekitarnya. Banjir terjadi akibat sungai itu meluap. 
Pewarta : M.Ali Khumaini
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2018