Jakarta (ANTARA News) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahudin Uno mengatakan Real Estat Indonesia (REI) berencana ikut berpartisipasi dalam program hunian dengan uang muka (down payment/DP) nol rupiah.

"Ada investor dari REI yang ingin berpartisipasi dalam program hunian DP nol rupiah. Tentu saja kami terima dengan tangan terbuka," kata Sandiaga di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa.

Apabila telah resmi berpartisipasi di dalam program tersebut, menurut dia, maka nantinya REI akan ikut membangun perumahan dengan harga yang terjangkau.

Lebih lanjut, dia mengatakan perumahan yang dibangun di dalam program hunian DP nol Rrpiah hanya dialokasikan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

"Jadi, setelah bergabung, nantinya REI akan berkewajiban untuk membangun perumahan. Setelah itu, menyerahkannya kepada Pemprov DKI untuk dialokasikan kepada MBR yang ada di Jakarta," ujar Sandiaga.

Sementara itu, dia menuturkan saat ini Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) DKI Jakarta tengah melakukan persiapan untuk proses pembangunan hunian DP nol rupiah tahap pertama.

Dia pun menargetkan proses persiapan pembangunan hunian tanpa uang muka tahap pertama itu sudah selesai secara keseluruhan pada 18 Januari 2018.

"Rencananya, kami akan launching, akan kami mulai pembangunan rumah DP nol rupiah itu pada 18 Januari 2018. Ini yang pertama. Pembangunannya akan dilakukan oleh PD Pembangunan Sarana Jaya," ungkap Sandiaga.




Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018