Jayapura (ANTARA News) - Sebanyak 350 personil Polri dan TNI serta para perwakilan dari pemangku kepentingan siap mengamankan pergantian malam Tahun Baru 1 Januari 2018 di Kabupaten Mimika, Papua.

Demikian hal ini disampaikan oleh Kabag Ops Polres Mimika Kompol Toni Upuya mewakili Kapolres Victor D Mackbon ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Papua, Minggu.

"Kepolisian Resor Mimika telah siap untuk mengamankan segala jenis kegiatan masayarakat pada saat pergantian malam tahun baru," katanya.

Berkaca dari pengamanan pada ibadah malam Natal 24 dan 25 Desember 2018, kata dia, banyak sekali organisasi-organisasi dan paguyuban yang melibatkan diri bersama Polres Mimika untuk membantu pengamanan Natal.

"Saat itu total semua berjumlah sekitar 600 orang lebih, itu sudah termasuk di dalamnya TNI dan Polri, semuanya itu dapat berjalan dengan baik," katanya.

Sementara untuk pengamanan pergantian malam tahun baru, lanjut Kabag Ops, bersama aparat TNI, Polres Mimika sudah menyiapkan personilnya.

"Polres Mimika sudah siapkan personil yang akan dibantu oleh TNI setempat. Kami akan fokuskan di sejumlah gereja yang akan menggelar ibadah pergantian tahun baru," katanya.

Ia mengemukakan pengamanan akan dilakukan ditempat-tempat ibadah seperti di Gereja Katedral Tiga Raja, Gereja Marten Luther Sempan, Gereja Ebenheaser, Gereja GPI Torsina, Gereja Dispora SP2 dan beberapa gereja lain yang umatnya sangat banyak.

"Ditempat-tempat itulah yang menjadi focus pengamanan, kita akan bagi semua kekuatan yang ada semua agar terpenuhi sehingga umat yang beribadah pada Tuhan Yang Maha Kuasa dapat merasakan aman dan nyaman jelang tahun baru," katanya.

Setelah selesai sekitar pukul 22.00 WIT, lanjut Kabags Ops, personil akan difokuskan pusat-pusat keramaian seperti lapangan Timika Indah, pasar dan Timika Mall, halaman Supermarket Diana dan tempat-tempat lain yang dianggap banyak masyarakat berkumpul untuk merayakan pelepasan malam tahun baru.

"Harapan kami, dalam merayakan pergantian malam tahun baru, warga tidak perlu berlebihan dan saran saja bila perlu yang sederahana saja, karena yang utama adalah kita duduk bersama dengan keluarga mengucap syukur pada Tuhan Yang Maha Kuasa bahwa masih di perkenankan Tuhan untuk masuk baru 2018 dengan penuh syukur dan bersuka cita," katanya.

Untuk mempersiapkan pengamanan pergantian malam tahun baru, Kabag Ops menambahkan pada pukul 16.30 WIT akan diadakan apel gabungan instansi terkait di halaman kantor Pelayanan Polres Mimika.

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017