Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menargetkan Program Rumah DP Nol Rupiah sudah bisa mulai dilaksanakan tahun 2018.

"Kami targetkan, tahun depan Program Rumah DP Nol Rupiah sudah bisa dimulai. Akhir Desember 2017 juga kalau bisa sudah ada yang launching," kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) DKI Agustino Dharmawan di Jakarta, Senin, tentang rencana pelaksanaan program penyediaan rumah yang bisa dibeli tanpa uang muka.

Rumah-rumah untuk Program Rumah DP Nol Rupiah, menurut dia, akan meliputi rumah susun sederhana milik atau rusunami mengingat ketersediaan lahan untuk permukiman di Ibu Kota yang sudah terbatas.

"Rumah DP Nol Rupiah itu memang sengaja dibangun dengan konsep rusunami karena kalau untuk pembangunan konsep rumah tapak di wilayah DKI Jakarta lahannya sangat terbatas," ujar Agustino.

Rencananya, dia menuturkan, rusunami dengan empat tower untuk program itu dibangun di daerah Pulogadung, Jakarta Timur.

"Selain itu, untuk pembangunannya, kami akan melibatkan beberapa Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Jadi, bukan hanya Pemprov DKI sendiri yang mengerjakannya," katanya.

Ia menambahkan Rumah DP Nol Rupiah juga akan dibangun di wilayah lain, termasuk di Pondok Kelapa yang akan dibangun oleh PD Pembangunan Sarana Jaya dan di Yos Sudarso yang akan dibangun oleh PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

"Namun kami belum bisa memastikan berapa jumlah sekaligus luas tiap unit yang akan dibangun. Pelaksanaan program itu, secara rinci, masih dalam proses perencanaan, terutama untuk masing-masing unitnya," ungkap Agustino.


Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017