Jakarta (ANTARA News) - Gelaran malam puncak Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Tabanan, Bali, Tahun 2017  dengan konsep Pesta Rakyat (Tabanan Fiesta) berlangsung dengan meriah, berbagai kesenian, kebudayaan serta kuliner khas Tabanan di pentaskan pada acara tersebut.

Bupati Kabupaten Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti mengungkapkan bahwa pada ulang tahun Tabanan tersebut menjadi wadah untuk menggali potensi daerah, yang mana setiap kecamatan mengadakan kegiatan besar dan menampilkan kesenian, kebudayaan serta kuliner ciri khas masing-masing.

"Kegiatan ini merupakan wadah bagi masyarakat untuk menampilkan kearifan lokal masing-masing kecamatan. Oleh karena itu, kita semua bekerjasama untuk bisa menggali potensi dari setiap kecamatan baik itu dari segi kesenian, budaya maupun usaha-usaha kecil menengah itu untuk bisa tampil dalam ajang HUT Kota ini sehingga semua potensi yang dimiliki bisa diketahui oleh masyarakat luas," kata Bupati Eka dalam keterangan persnya, Minggu.

HUT Kabupaten Tabanan di Lapangan Alit Saputra pada Rabu (29/11) tersebut mengambil tema "Buana Kertih" yang memiliki makna menyatu dengan alam karena alam merupakan investasi masyarakat Tabanan yang harus dijaga bersama-sama.

"Tema tersebut kita pakai karena Tabanan dikenal dengan kemakmurannya, banyak lumbung padi, terkenal dengan rakyatnya sebagai petani, dan potensi alam sangat luar biasa, lebih mengingat kan kita untuk mencintai alam, seperti Tanah lot dan Pura Ulun Danu Beratan yang diam saja tapi mampu menarik ribuan orang untuk datang," kata Eka.

Ia  juga berharap dari penyelenggaraan malam puncak HUT Kabupaten Tabanan tersebut mampu meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap seni, kebudayaan dan juga kuliner di Tabanan.

"Saya berharap agar kecintaan masyarakat Tabanan terhadap tempat tinggalnya itu terus kita tumbuhkan, sehingga timbul rasa memiliki, Jika sudah tumbuh rasa kepemilikan itu maka kita jadi lebih menjaga dan merawat Tabanan secara bersama-sama," tandas Eka.

Sementara itu, Ketua pelaksana HUT Kota Tabanan I Wayan Miarsana mengatakan bahwa ragkaian kegiatan HUT Tabanan tersebut dijadikan media untuk memberikan ruang bagi masyarakat Tabanan untuk mengembangkan bakat khusus di bidang hiburan.

"Ini sebagai wadah dari Pemerintah Tabanan, karena bakat anak anak atau pemuda di Tabanan ini sangatlah kompleks, masyarakat haus akan hiburan, dengan kegiatan seperti ini mereka mempunyai wadah untuk berekpresi dan ini juga membantu meningatkan perekonomian di Tabanan," ujarnya.



Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017