Jakarta (ANTARA News) - Utusan Khusus Presiden Bidang Agama dan Peradaban Din Syamsuddin mengatakan umat Buddha dari Amerika Serikat dan Jepang menyatakan kagum terhadap dasar negara Pancasila.

"Mereka mengagumi Pancasila," kata Din saat mendapat kunjungan dari perwakilan umat Buddha dari AS dan Jepang di Jakarta, Jumat.

Delegasi yang menyampaikan apresiasi terhadap Pancasila itu disampaikan saat delegasi umat Buddha dari dua negara menemui Din seperti Presiden Designate of Rosiko Kosei-Kai, Kosho Niwano, dan Deputi Sekretaris Jenderal Religion for Peace, Kyoichi Sugino.

Dia mengatakan delegasi dari luar negeri itu menyampaikan apresiasinya terhadap kerukunan umat beragama di Indonesia yang didorong oleh Pancasila.

Din mengatakan menurut delegasi tersebut, Pancasila juga bisa menjadi salah satu modal dasar guna menciptakan perdamaian dunia.

Dari yang ada di Indonesia, kata dia, telah membuktikan apabila Pancasila mampu menggerakkan masyarakat untuk membantu satu sama lain tanpa melihat latar belakang pihak yang dibantu.

Salah satu contohnya, lanjut dia, Indonesia berperan aktif dalam penyelesaian konflik kemanusiaan di Rohingya, Myanmar. Di negara tersebut, Indonesia mampu tampil membantu atas nama kemanusiaan tanpa membawa-bawa persoalan agama.

(T.A061/T007)

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017