Makassar (ANTARA News) - Wali Kota Makassar M. Ramdhan “Danny” Pomanto bersama Astra meresmikan Lorong Sehat dan Lorong HIjau di Kampung Berseri Astra Rappocini.





“Gerakan Lorong ini salah satu cara menata kota. Menangani lorong, sama seperti menangani kota,” kata Danny saat di Rappocini, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu.




Lorong merupakan sebutan setempat untuk gang. Lorong Sehat dan Hijau ini merupakan kerja sama Kantor Wali Kota Makassar dengan Astra International untuk restorasi tata ruang sekaligus menjawab persoalan sosial melalui pendekatan komunitas.




Menurut Danny, yang membanggakan dari gerakan lorong adalah inisiatif berasal dari masyarakat, mereka membentuk komunitas untuk memelihara lorong.




Peresmian ini merupakan bagian dari rangkaian ulang tahun Astra International ke-60 sekaligus untuk memeriahkan Hari Kesehatan.




Astra International mengadakan program Kampung Berseri Astra sejak beberapa tahun belakangan, untuk membentuk masyarakat yang bersih, sehat, cerdas, dan produktif (Berseri).




“Di Rappocini, kami mendukung program Lorong Sehat dan Lorong Hijau, bekerja sama dengan wali kota Makassar,” kata Kepala Keuangan dan Akuntansi Perusahaan PT Astra International, Endro Wahyono, di acara yang sama.




Rappocini menjadi peserta program tersebut sejak 2016 lalu karena warga yang tinggal di sana sudah menjalankan empat pilar yang menjadi fokus utama pengembangan dari perusahaan tersebut, yaitu pendidikan, kesehatan, lingkungan dan kewirausahaan.




Hingga saat ini, terdapat 67 lokasi di 30 provinsi di Tanah Air yang menjadi binaan dalam program Kampung Berseri tersebut.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017