Cirebon (ANTARA News) - Sebanyak 40 delegasi keraton peserta Festival Keraton Nusantara (FKN) ke-11 di Kota Cirebon, Jawa Barat, mengikuti kirab agung prajurit serta menampilkan berbagai macam atraksi.

"Yang mengikuti kirab agung prajurit ada 40 keraton dari berbagai daerah di Nusantara," kata Sultan Keraton Kasepuhan, Sultan Sepuh XIV Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat di Cirebon, Sabtu.

Sultan mengatakan kirab agung prajurit ini mulai dari Alun-alun Kasepuhan, jalan Lemahwungkuk, kemudian Jalan Pecinan, Pasuketan, Bahagia, jalan Siliwangi dan terkhir di Alun-alun Kejaksan.

Pada kirab agung prajurit, berbagai kesenian, budaya khas masing-masing keraton ditampilkan di depan masyarakat yang ikut serta melihat acara FKN ke-11 itu.

Sementara untuk jumlah prajurit yang mengikuti kirab mencapai 5.000 lebih, karena dari masing-masing keraton menyiapkan kurang lebih 200-400 orang.

"Saya lihat antusias dari para Raja sangat baik sekali, mereka terus mengikuti acara ini," tuturnya.

Sementara itu FKN ke-11 yang digelar di Kota Cirebon ini, diikuti oleh 47 Keraton peserta yang berada di Nusantara, selain itu juga ada 113 Keraton lainnya yang menjadi peninjau.

"Ada juga dari negara tetangga, tadi saya lihat ada dari Brunei, Malaysia, Filipina, Srilangka juga hadir mengikuti acara ini," kata Sultan.

Sementara itu untuk tiga keraton yang berada di Cirebon menjadi tuan rumah FKN yaitu Kasepuhan, Kanoman dan Kacirebonan, ditambah Taman Air Gua Sunyaragi.

FKN ke-11 di Cirebon dilaksanakan mulai dari tanggal 15-19 September 2017 dengan diikuti oleh seratusan lebih keraton dari berbagai penjuru Nusantara.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017