Jakarta (ANTARA News) - Zalora kini menyediakan layanan baru dalam pengembalian barang dengan menggandeng perusahaan layanan kiriman pos dan paket PT Alfa Atrindo, Atri xpress.

Mengusung konsep drop-off, kini pelanggan yang berdomisili di Jabodetabek dapat mengembalikan barang Zalora mereka lewat Alfamart, Alfamidi serta DAN+DAN.

"Sebagai e-commerce yang selalu mencari cara baru untuk memberikan kenyaman bagi pelanggan, kami tak pernah berhenti berinovasi dalam memberikan kemudahan pelayanan, terutama dalam hal pengembalian barang," ujar CEO Zalora Indonesia, Anthony Fung, dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA News, Senin.

"Atri xpress akan membantu pelanggan kami sehingga mereka dapat melakukan retur di berbagai cabang Alfamart, Alfamidi serta DAN+DAN yang jumlahnya ribuan, berada di tempat yang strategis serta dan dekat dengan tempat tinggal mereka," sambung dia.

Pelanggan dapat mendatangi toko Alfamart, Alfamidi serta DAN+DAN terdekat dan meminta bantuan kasir untuk membantu mengirimkan barang kembali kepada Zalora.

Dengan menyebutkan kode booking Zalora, barang tersebut akan dikirimkan oleh Atri xpress untuk selanjutnya dilakukan proses retur. Layanan ini dapat dilakukan secara gratis.

"Saat ini, Zalora dan Atri xpress telah bekerja sama dalam menawarkan kemudahan untuk dapat mengirimkan kembali barangnya ke Zalora secara gratis melalui 3.500 toko Alfamart, Alfamidi dan DAN+DAN yang tersebar di seluruh Jabodetabek," kata Stefanus Didi Hartanto, Direktur Operasional Atri xpress.

"Ke depan, kerja-sama ini juga akan dikembangkan ke seluruh jaringan toko-toko di wilayah lainnya di Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. Kami berharap kerja-sama antara Zalora dan Atri xpress ini dapat mendukung pertumbuhan belanja online di Indonesia," tambah dia.

Lebih lengkap, berikut cara untuk melakukan pengembalian barang via minimarket tersebut:

1. Pelanggan mengisi formulir retur dan menempel stiker retur di paket yang ingin dikembalikan.
2. Cek daftar toko yang dapat melayani pengembalian barang melalui tautan Dropstore yang tersedia di FAQ.
3. Mengunjungi cabang tersebut dan meminta kasir melakukan pengiriman barang retur ZALORA menggunakan Atri xpress dengan kode booking “ZALORA”.
4. Kasir akan memproses dan memberikan tanda bukti kepada pelanggan berupa resi dengan kode AWB untuk melacak paket.
5. Pelanggan dapat melacak paket di tautan yang telah tersedia di Atri xpress

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017