Jakarta (ANTARA News) - PT Serasi Autoraya lewat unit bisnis persewaan mobil, TRAC, menawarkan produk rental mobil jangka panjang berbasis syariah yang disebut sebagai TRAC Syariah di tengah-tengah bulan Ramadhan.

Produk tersebut, menjadi produk rental mobil business to business (B2B) pertama yang terdaftar di Dewan Syariah Nasional di bawah Majelis Ulama Indonesia, demikian disampaikan GM Corporate Sales TRAC-Astra Rent a Car, Teddy Astra.

"TRAC Syariah ini memang dibuat untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang ingin menjalankan bisnis berdasarkan syariah," kata Teddy dalam gelaran buka bersama media di Senayan, Jakarta, Selasa.

Menurut Teddy, selain populasi muslim Indonesia merupakan terbesar di dunia, belakangan memang banyak permintaan dari perusahaan yang menginginkan bisnis mereka berdasarkan syariah.

Secara umum TRAC Syariah menghadirkan aktivitas sewa menyewa alias ijarah berdasarkan hukum syariah yang bebas dari unsur riba, masyir dan gharar.

Selain itu, semua kendaraan TRAC Syariah diperoleh secara halal karena melalui mekanisme murahabah dan dilindungi oleh asuransi berdasarkan prinsip syariah alias ta'awun.

"Pengelolaan kendaraan juga berbasis keterbukaan dan keadilan, serta bisa dikembangkan menjadi produk mudharabah dengan konsep bagi hasil," kata Teddy.

Produk TRAC Syariah yang tentu berbeda dibandingkan produk konvensional TRAC itu bisa diakses di seluruh 34 cabang TRAC di seluruh Indonesia.
Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017