Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengaku akan segera menuntaskan masalah labuh jangkar ilegal yang terjadi di Pulau Tolop, Kepulauan Riau.

Melalui siaran pers di Jakarta, Sabtu, Menko Luhut terkejut saat menyaksikan sendiri kegiatan labuh jangkar dalam perjalanannya menuju pulau terluar di Kepulauan Riau itu.

"Ada kegiatan labuh jangkar di Pulau Tolop yang saya saksikan dari helikopter, tadi ada sekitar 30 kapal (yang sedang labuh jangkar) di Belakangpadang. Saya tanya Gubernur, ia tidak mengetahui kegiatan ini. Menurut Gubernur pasti ada pungutannya, tapi tidak masuk ke Pemda," katanya.

Dalam kunjungan tersebut, Luhut didampingi Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun, Menteri PAN-RB Asman Abnur dan Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar.

Guna mencari solusi masalah ini, Luhut mengatakan akan segera memanggil pihak-pihak dan lembaga terkait untuk membicarakan isu ini.

Ia mengaku pekan depan akan mengadakan rapat dengan Kementerian Perhubungan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, pemerintah daerah setempat, TNI Angkatan Laut, Badan Keamanan Laut dan sejumlah instansi lainnya.

"Kita mau gimana nih terhadap kejadian yang saya saksikan tadi. Kami juga akan diskusikan dengan IMO (Organisasi Maritim Internasional) bagaimana jalan keluarnya tapi tentunya kita akan bicarakan dan berkoordinasi lebih dahulu. Supaya ada yang mengawasi, karena ini juga rentan menjadi tempat penyelundupan narkoba bahkan terorisme," ungkapnya.

Menurut Luhut, idealnya tanggung jawab penjagaan pulau diserahkan kepada TNI Angkatan Laut di mana selama ini memang ada sekitar 12 personel AL yang berjaga.

Akan tetapi, pihaknya akan melihat aturan yang ada dan mendiskusikannya dalam rapat koordinasi yang akan digelar pekan depan.

"Harus ada langkah-langkat terpadu agar perbatasan kita aman. Fokus kita saat ini bagaimana menyelesaikan masalah Pulau Tolop dan menjaga Pulau Nipa," ujarnya.

Kemenko Kemaritiman terus berupaya membangun pulau-pulau terluar Indonesia guna menjaga kedaulatan maritim nasional.

Pulau Nipa di Kepulauan Riau, Riau, berpotensi menjadi kawasan ekonomi yang menjanjikan. Pemerintah juga akan membangun pelabuhan agar kapal-kapal yang singgah ke Singapura bisa parkir di kawasan Pulau Nipa.

Pewarta: Ade Irma Junida
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017