Tangerang (ANTARA News) - Pemerintah Kota Tangerang, Banten, menyiapkan anggaran sebesar Rp93 miliar pada 2017 untuk memaksimalkan penanganan banjir.

"Untuk penanganan banjir dan genangan di Kota Tangerang pada 2017 telah dianggarkan dana Rp93 miliar," kata Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin di Tangerang, Selasa.

Ia mengatakan anggaran tersebut tercatat dalam nota keuangan tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Tangerang tahun anggaran 2017 sudah disampaikan kepada DPRD untuk dibahas dan ditetapkan menjadi perda.

Sasaran dalam penanganan banjir pada 2017 yakni pembangunan turap, normalisasi sungai, peningkatan pembangunan pusat-pusat pengendali banjir, pengerukan kali dan rehabilitasi atau peningkatan saluran drainase.

Pembangunan infrastruktur lainnya pun begitu seperti jalan, jembatan serta drainase. Lalu 67 titik pembangunan gorong-gorong, tujuh pembangunan jembatan serta ruas-ruas jalan yang mengalami kerusakan.

"Fokus anggaran tetap pada pelayanan dasar. Karena, masalah banjir misalnya masih menjadi pekerjaan yang harus diselesaikan saat ini," paparnya.

Kepala Bidang SDA, Taufik Syahzaeni mengatakan, sejumlah program telah dan akan diselesaikan pada tahun ini dalam mengatasi banjir diantaranya Penanganan Kali Ledug, Situ Bulakan dan Kali Sabi untuk Wilayah Barat.

Normalisasi Kali Angke dan Cisadane untuk wilayah tengah dan timur. Pembuatan kolam retensi, sumur imbuhan dan saluran pembuangan. Penuran dan rehabilitas tanggul, pembangunan longstorage di Kali Ledug serta penyediaan pompa air.

Pembenahan sistem tata air di perumahan, pembangunan dan rehabilitasi embung di sejumlah titik, penyediaan alat berat dan perahu sampah

Pengerukan dan pembersihan sungai, Siagakan 86 rumah pompa dan 100 pintu air dan menyiapkan personel lapangan yang dilengkapi sarana prasarana hingga percepatan pembebasan lahan Kali Angke dan pembangunan promade Cisadane.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016