Jambi (ANTARA News) - Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA menggelar "workshop" kehumasan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jambi sebagai upaya membantu kehumasan di daerah itu dalam menelaah isu.

Direktur Komersial, Pengembangan Bisnis dan IT Perum LKBN Antara Hempi N Prajudi di Jambi, Rabu, menjelaskan selain workshop, kegiatan ini juga bertujuan menyosialisasikan ANTARA sebagai public relation pemerintah dalam pembangunan.

Workshop bertema "Peran Strategis Kehumasan Pemerintah Daerah Melalui Optimalisasi Pemberitaan Media" itu dibuka Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar.

Hempi mengatakan workshop ini dapat memberikan keuntungan bagi Humas Pemda dalam memberikan informasi yang lebih baik lagi ke publik dan di era kemajuan teknologi yang pesat ini.

Humas juga, kata dia harus mampu mengantispiasi isu-isu negatif tentang pemerintahan yang berkembang di daerah masing-masing.

"Sebagai humas jangan hanya membaca tapi kita juga dituntut untuk mengambil langkah strategis ke depan agar isu yang berkembang tidak mengganggu jalannya pemerintahan," kata Hempi.

Kepala Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Mahmud Husen, mengatakan saat ini beberapa BUMN sudah menggunakan media monitoring ANTARA Insight.

Dimana produk tersebut bisa memonitor isu-isu kinerja maupun mengontrol kebijakan yang dikeluarkan pimpinan.

"Humas itu harus mampu menginformasikan semua kinerja ke publik, baik kebijakan pimpinan maupun isu daerah," kata Mahmud.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar mengapresiasi LKBN ANTARA dalam hal berbagi ilmu bersama humas se-Provinsi Jambi demi terwujudnya kinerja humas yang lebih baik.

"Melalui kegiatan ini tentunya bisa meningkatkan kinerja humas se-Provinsi Jambi dalam menganalisis pemberitaan. Namun demikian kita juga harus memperkuat infrastruktur dalam pemanfaatan kemajuan teknologi," kata Wagub.

Wagub mengatakan saat ini sudah banyak yang dilakukan pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota dalam keterbukaan informasi. Namun kemajuan dibidang media itu haruslah memberikan manfaat positif.

Dikesempatan itu, Direktur Antara Insight Dr Reza Maulana sebagai pamateri menyampaikan pemahaman tentang analisis pemberitaan media dan strategi kehumasan serta analisis pemberitaan media dan manajemen isu.

Pewarta: Dodi Saputra
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016