Bogor (ANTARA News) - Sebagian besar wilayah Kota Bogor, Jawa Barat dilanda hujan angin disertai petir dan kilat, pada Senin siang.

Sekitar pukul 12.45 WIB hujan angin turun dengan derasnya, disusul dengan kilat serta petir yang menyambar dengan keras. Tiupan angin membuat pohon-pohon di sejumlah ruas jalan bergerak dengan kencangnya.

Suasana ini berbeda dengan satu jam sebelumnya, cuaca cerah dan teduh sempat menyelimuti Kota Bogor. Hingga pukul 12.00 WIB mendung mulai turun dari arah Selatan, hingga meluas ke seluruh wilayah Kota Bogor.

BMKG Jawa Barat menyampaikan informasi peringatan dini cuaca ekstrim yang terjadi di wilayah Kota Bogor termasuk kawasan Jabodetabek.

Peringatan dini BMKG menyebutkan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat dan petir dan angin kencang pada pukul 12.40 WIB.

Hujan lebat disertai angin dan petir terjadi di wilayah Caringin, Ciawi, Cigombong, Cijeruk, Kota Bogor, Tamansari, Tenjolaya, Nanggung, Sukajaya, Cigudeng, Leuwiliang.

"Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 16.00 WIB," kata Kepala Stasiun Klimatologi, Dramaga, Bogor, Jawa Barat Dedi Sucahyono.

Hujan juga diprediksikan meluas hingga wilayah Megamendung, Citereup, Sukamaja, Tanah Sareal, Ranca Bungur, Dramaga, Ciampea, Bojong Gede, Cibinong, Kemang, Ciseeng, Rumpin, Parung, Bj Sari, Sawangan, Cilodong, Cipayung, Pancoran Mas, Tapos, Sukamaja, Beji, Limo, Cinera, dan wilayah Jabodetabek lainnya.

"Masyarakat diimbau waspada dengan hujan angin dan petir, hindari berteduh di bawah pohon, dan lapangan terbuka, menghindari pohon tumbang dan juga sambaran kilat," kata Dedi.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016