Malang (ANTARA News) - Pemerintah Kota Malang, Jawa Timur, berencana membangun pusat oleh-oleh di kawasan pasar tradisional Bareng dengan dana sekitar Rp9 miliar dari pemerintah pusat.

Kepala Dinas Pasar Kota Malang Wahyu Setianto pada Sabtu mengatakan para pedagang yang saat ini berjualan di Pasar Bareng akan dipindahkan untuk pembangunan pusat oleh-oleh tersebut.

Relokasi pedagang Pasar Bareng, menurut dia, akan dituntaskan paling lambat sebelum Lebaran, setelah pembangunan lapak sementara untuk para pedagang di depan pasar tersebut selesai.

"Karena kami juga harus segera menyelesaikan pembangunan pasarnya, apalagi proses tender pembangunan pasar juga sudah selesai," ujar Wahyu.

Pemerintah kota menargetkan pembangunan pasar oleh-oleh di Bareng selesai sebelum akhir 2016.

"Jika tidak rampung sesuai dengan target, dikhawatirkan akan ada pembengkakan anggaran dan itu harus menggunakan dana APBD," kata Wahyu

Oleh karena itu, ia menjelaskan, relokasi pedagang ke tempat penampungan sementara akan dipercepat dan dilanjutkan dengan pembongkaran lapak-lapak di dalam pasar serta proses pembangunan.

Ia menambahkan pasar oleh-oleh khas Malang akan dibangun tiga lantai.

"Sama dengan sistem pemugaran Pasar Oro-Oro Dowo, para pedagang di pasar itu nanti tidak perlu membayar kios baru karena pendanaan oleh pemerintah pusat," katanya.

Pasar Oro-oro Dowo sudah dibangun kembali dan kini dilengkapi dengan fasilitas seperti ruang laktasi bagi ibu-ibu menyusui serta troli untuk berbelanja layaknya di toko-toko modern.

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016