Jakarta (ANTARA News) - Indonesia mendukung reformasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui partisipasi pada pertemuan inisiatif UN70 yang berlangsung di Addis Ababa, menurut keterangan KBRI di Addis Ababa yang dilansir pada situs resmi Kementerian Luar Negri RI di Jakarta, Kamis.

Delegasi RI yang terdiri dari Wakil Direktorat Jenderal Multilateral dan Perwakilan Tetap RI di New York telah berpartisipasi pada pertemuan "UN70: Setting the Agenda for the New Secretary-General" di Addis Ababa, Ethiopia.

UN70 merupakan inisiatif lintas kawasan yang digagas oleh Menteri Luar Negeri Norwegia dan beranggotakan delapan negara, yaitu Norwegia, Indonesia, Selandia Baru, Yordania, Ghana, Ethiopia, Meksiko, dan Kolombia.

Inisiatif tersebut diluncurkan untuk mengevaluasi berbagai capaian dan tantangan yang dihadapi oleh PBB selama 70 tahun terakhir, serta menyiapkan proposal yang memuat sejumlah rekomendasi pembenahan dan penguatan reformasi PBB.

Proposal itu rencananya akan disampaikan oleh kelompok UN70 kepada Sekretaris Jenderal yang baru pada akhir tahun 2016.

Pertemuan di Addis Ababa tersebut bertujuan menyepakati sejumlah pesan dan rekomendasi kunci berkaitan dengan isu-isu reformasi PBB, yang akan menjadi prioritas untuk disampaikan oleh kelompok.

Pertemuan itu juga untuk mempersiapkan pertemuan tingkat Menteri Luar Negeri negara partner UN70 di Oslo, Norwegia pada 22 Juni 2016.

Dalam kesempatan tersebut, Delegasi RI telah menegaskan pentingnya Sekjen PBB mendatang menjaga dan memperkuat kredibilitas dan relevansi PBB dalam menyikapi berbagai tantangan baru di bidang pembangunan, keamanan dan perdamaian internasional, dan HAM yang semakin kompleks di masa depan.

Indonesia juga menekankan pentingnya menggalang dukungan dari negara anggota PBB lainnya terhadap berbagai proposal kelompok UN70.

Keikutsertaan Pemerintah RI dalam insitiaf itu dilatarbelakangi antara lain oleh komitmen kuat Indonesia atas sistem multilateral yang dimainkan oleh PBB dan peran aktif Indonesia selama ini dalam mendukung dan berkontribusi terhadap inisiatif-inisiatif yang berkaitan dengan upaya reformasi PBB.

Selain itu, keanggotaan Indonesia dalam UN70 dapat dipandang sebagai bentuk pengakuan dan kepercayaan terhadap kepemimpinan Indonesia dalam pembahasan isu reformasi PBB.

Pewarta: Yuni Arisandy
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016