Tangerang (ANTARA News) - Sebanyak 74 unit pompa penyedot air telah disiapkan untuk membantu mengatasi banjir di sejumlah pemukiman warga, kata Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Tangerang Nana Trisyana di Tangerang, Kamis.

Nana juga mengaku tengah menyediakan dua unti mobil pompa dari yang saat ini operasional sembilan unit.

"Semua pompa sudah berada di lokasi banjir dan akan menyalurkan air dari pemukiman warga ke kali maupun sungai terdekat," katanya.

Pemerintah Kota Tangerang juga mendapatkan satu unit pompa dari Balai Besar Ciliwung Cisadane.

Pompa ini telah disiagakan di perumahan Total Persada yang ketinggian airnya mencapai satu meter dan merupakan daerah paling parah terdampak banjir.

"Kita terus melakukan perbaikan karena potensi hujan masih ada," paparnya.

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah menyatakan akan membeli pompa penyedot air berukuran besar berkapasitas 500 liter per detik guna mempercepat penurunan debit air ketika banjir.

Ada empat unit pompa berukuran besar yang akan dibeli tahun ini dan akan diletakan di lokasi banjir dan airnya dibuang ke kali atau sungai yang sebelumnya telah dikeringkan.

"Kita sudah siapkan skenario penambahan pintu air dan pompa ukuran besar. Begitu juga sistem pompa sehingga tidak ada genangan air hingga ke pemukiman," ujar dia.




Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016