Bogor (ANTARA News) - Hujan yang mengguyur Kota Bogor hari ini sejak pukul 04.55 WIB tadi mengakibatkan sejumlah wilayah dilanda banjir dan longsor.

Longsor tebing setinggi 30 meter terjadi di Kampung Pilar II, Kelurahan Bubulak, Kecamatan Bogor Barat, dengan menimpa sebuah rumah yang dihuni seorang ibu dan empat anaknya.

"Korban mengalami luka akibat tertimpa pohon yang terbawa longsor, mereka sudah dievakuasi dan dibawa ke RSUD untuk perawatan," kata Djaya, petugas BPBD Kota Bogor.

Rumah juga ambruk di Kelurahan Kencana, Kecamatan Tanah Sareal, sedangkan di Kampung Bulak RT 3/RW 6 sebanyak 14 rumah terendam.

"Air meluap dari saluran Kali Gede di Kelurahan Kecana, ketinggian banjir mencapai satu meter," kata Kasi Transtip Kelurahan Kencana, Sofyan.

Menurut Sofyan, air berangsur surut setelah hujan mulai berhenti pukul 13.00 WIB. Tidak ada yang dievakuasi ke posko penanggulangan bencana yang ada di setiap kecamatan.

Hujan juga mengakibatkan sebuah rumah di Kelurahan Kecana milik Ujang (68) dihuni enam jiwa, rusak di mana dapurnya ambruk.

Banjir juga terjadi di Kelurahan Situ Gede di mana 30 rumah, termasuk sebuah restoran dan sekolah alam, terendam bajir akibat luapan Situ Gede.

"Air meluap mulai pukul 05.30 WIB, merendam tiga titik lokasi, di tiga RW berbeda," kata Lurah Situ Gede, Junaidi.

Junaidi mengatakan, meluapnya Situ Gede dikarenakan intensitas hujan yang turun sejak pukul 04.55 WIB. Hujan turun merata di wilayah Kota Bogor, selama hampir tujuh jam lebih.

Berdasarkan perkiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi, Dramaga, pagi hingga malam hari, wilayah Bogor akan diguyur hujan sedang hingga lebat.

Hujan sedang hingga lebat juga mengguyur wilayah Bogor, Depok, Bekasi, Karawang, Subang, Purwakarta, Cianjur dan Sukabumi.

Sore hari, umumnya berpotensi hujan ringan hingga sedang. Dan malam hari masih berpotensi hujan ringan sedang di seluruh Jawa Barat.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016