Palembang (ANTARA News) - PT Telkomsel di Sumatera bagian selatan siap menghadapi natal dan tahun baru 2016 dengan meningkatkan kapasitas dan kualitas jaringan di seluruh Indonesia.

Pada periode lebaran, natal dan tahun baru yang selalu dibarengi dengan masa liburan merupakaan periode amat penting bagi masyarakat di seluruh Regional Sumatera Bagian Selatan bahkan di Indonesia, kata GM Wilayah Pemasaran Sumatera Bagian Selatan PT Telkomsel, Badar, di Palembang, Selasa.

Menurut dia, pada saat-saat ini pula kebutuhan komunikasi pelanggan meningkat, karena banyaknya pertukaran informasi antar sesama, baik menggunakan layanan suara, SMS ataupun data.

"Untuk itu, di masa-masa tersebut kami selalu meningkatkan kesiapan layanan dan jaringan untuk menjamin kualitas berkomunikasi terbaik yang diberikan bagi para pelanggan," katanya.

Ia menjelaskan, layanan data diprediksi akan mengalami lonjakan yang signifikan, berhubung saat ini pelanggan sangat aktif dalam menggunakan ponselnya untuk berbagi momen keseruan mereka lewat aplikasi social media dan chatting.

Tahun ini mereka telah mencanangkan program truebex untuk penyediaan jaringan broadband terbaik di 30 kota yang meliputi 1.000 POI (Point of Interest) untuk memastikan kecepatan akses layanan data dan stabilitas koneksi jaringan tetap terjaga.

Untuk wilayah Sumbagsel wilayah truebex meliputi Lampung, Palembang dan menyusul berikutnya adalah Jambi.

Dalam penerapan layanannya Telkomsel berkomitmen untuk selalu menjaga lingkupan yang baik, dan diharapkan akan mampu meminimalisir blank spot pada sinyal.

"Sementara itu ketersediaan kapasitas akan memastikan kesuksesan akses layanan data bagi pelanggan, dimana hal ini dilakukan dengan menjaga tingkat utilisasi jaringan 3G," ujarnya.

Sedangkan qualiti akan menjamin kualitas jaringan berupa kecepatan dan kestabilan layanan data yang konsisten sesuai dengan kebutuhan layanan digunakan.

Ia menuturkan, dalam menghadapi natal dan tahun baru Telkomsel telah menyediakan aktivitas untuk pelanggan menikmati layanan data yakni program "truebex", dengan selalu memastikan di antaranya drive test and walk test, optimalisasi jaringan, pemasangan compact mobile base station, penambahan BTS baru dan kapasitas jaringan, customer experience test (CET), serta performance monitoring and complaint handling.

Selain itu dilakukan pula implementasi DC-HSDPA dan HSPA+, sehingga throughput kecepatan dapat mencapai 42 Mbps.

Ia menjelaskan, berdasarkan pengalaman selama periode Natal dan Tahun Baru lalu, PT Telkomsel memperkirakan kenaikan terbesar terjadi pada layanan data, yang diiprediksi 14 persen dibandingkan hari normal.

Sementara itu, layanan suara diperkirakan naik tujuh persen, sedangkan trafik SMS diperkirakan naik 24 persen dibandingkan dengan trafik normal hari biasa di tahun 2015.

PT Telkomsel setempat juga telah mengidentifikasi 47 titik keramaian utama yang diprediksi akan dipadati pelanggan pada Natal dan Tahun Baru.

Selain didukung oleh lebih dari 6.190 BTS yang tersebar di wilayah Regional Sumbagsel, Telkomsel juga mengerahkan 27 Compact Mobile BTS (COMBAT) di wilayah tersebut untuk menjamin kualitas jaringan selama natal dan tahun baru tetap prima.

Dari sisi layanan Telkomsel menyiagakan 20 armada GraPari bergerak untuk menjamin ketersediaan produk melalui 531 gerai siaga, serta didukung pula empat GraPari siaga dan pusat panggilan yang siap melayani tanpa kenal hari libur.

Pewarta: Susilawati
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015