... sudah menonton semua film Suzanna dan yang paling membuat saya takut adalah Malam Satu Suro...
Jakarta (ANTARA News) - Sutradara asal Prancis, Bastian Meiressonne, berencana menggarap film dokumenter mengenai seri film horor yang dibintangi Suzanna. Pada masanya, film-film horor dengan Suzanna sebagai bintangnya sangat ngetop, sebutlah Sundel Bolong dan Nyi Blorong. 

"Saya ingin membuat film dokumenter horor tentang Suzanna, khususnya mengenai kepercayaan yang biasanya menjadi dasar cerita sebuah film," kata Meiressonne dalam pembukaan pemutaran Festival Sinema Prancis, di Jakarta, Kamis.

Meiressonne yang juga menyutradai film dokumenter sejarah film laga di Indonesia berjudul Garuda Power: The Spirit Within, ini mengatakan sang ratu horor, Suzanna menjadi faktor utama yang membuat penonton merasa ngeri.

Selain itu, hal-hal mistis seperti ilmu hitam, takhayul, dan sejumlah kepercayaan di Indonesia menjadi unsur yang membuat film horor di Indonesia unik dan beda dengan horor lain.

Meiressonne mengakui telah menonton semua film horor yang dibintangi Suzanna untuk digarap, namun ia belum bisa memastikan kapan film dokumenter ini digarap.

"Saya sudah menonton semua film Suzanna dan yang paling membuat saya takut adalah Malam Satu Suro," ujar Meiressonne.

Sebelumnya, Meiressonne telah mendokumentasikan sejarah film-film laga di Indonesia sejak produksi pertama yang terpengaruh silat China pada '30-an dan berbagai adaptasi komik superhero '70-an hingga kesulsesan The Raid 1 dan The Raid 2.

Film tersebut berjudul Garuda Power: The Spirit Within yang diproduksi dari hasil riset panjangnya selama enam tahun.

Film yang dibintangi aktor laga Indonesia, di antaranya Barry Prima dan George Rudy ini juga menampilkan wawancara yang disertai cuplikan langka film-film laga Indonesia. 

Pewarta: Mentari Gayati
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015