Kami memang sengaja menghadirkan nuansa unik kantor di dalam gerbong KA. Ya, sekaligus jadi kantor baru AB Rent Car Jateng."
Semarang (ANTARA News) - Perusahaan persewaan mobil, AutoBridal (AB) Rent Car yang berpusat di Bandung, Jawa Barat, "menyulap" sebuah bekas gerbong kereta api (KA) menjadi kantor cabangnya di Semarang, Jawa Tengah.

"Kami memang sengaja menghadirkan nuansa unik kantor di dalam gerbong KA. Ya, sekaligus jadi kantor baru AB Rent Car Jateng," kata Owner AB Rent Car Jateng Rodra Ciptaning Cipunegoro di Semarang, Minggu.

Hal tersebut diungkapkannya di sela Grand Opening AB Rent Car Jateng, sekaligus penyerahan penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia-Dunia (Leprid) terhadap kreasi kantor unik dari gerbong KA.

Gerbong KA yang telah direstorasi menjadi kantor AB Rent Car Jateng itu dipasang di halaman rumah Rodra di Jalan Rinjani Nomor 3A Semarang, berpadu dengan lokomotifnya yang telah diambil mesinnya.

Kontur tanah yang berada di lereng juga membuat Rodra mengakali dengan memasang penyangga besi sehingga sebagian gerbong tampak menggantung, sementara interiornya sudah disulap persis seperti perkantoran.

Rodra mengatakan perlu waktu satu bulan untuk merealisasikan ide kreatifnya itu dengan nilai investasi total hampir Rp1 miliar, namun ia mengaku puas karena kantornya jadi punya nilai jual tersendiri.

Spesifikasi gerbong KA bekas buatan Jepang itu memiliki panjang sekitar 20 meter dengan tahun pembuatan 1987, sementara lokomotifnya buatan Jerman yang keduanya dibeli oleh saudara Rodra.

Direktur Leprid Paulus Pangka pun mengapresiasi ide kreatif perkantoran dari gerbong KA yang merupakan pertama kalinya itu sehingga menganugerahi penghargaan dalam tiga kategori sekaligus.

Kategori pertama, kata dia, kepada Rodra selaku pemrakarsa dan pemilik kantor "franchise" dan "rental" mobil pertama dalam gerbong KA, dan kedua kepada AB Rent Car selaku penggagas pembangunan.

"Kategori ketiga kepada AB Rent Car Jateng selaku pendukung pembangunan kantor franchise dan rental mobil pertama dalam gerbong KA. Ini pertama kalinya kantor di dalam gerbong KA," katanya.

Biasanya, kata dia, orang membangun perkantoran di gedung di pinggir jalan raya atau jalan besar, namun Rodra ternyata berkreasi membikin gerbong dan lokomotif KA bekas menjadi kantornya.

Sementara itu, Presiden Direktur AB Rent Car Akbar Nusyahbani P memilih Jateng karena potensi pasar persewaan mobilnya masih besar, terutama dari kalangan korporasi dengan banyaknya instansi.

"Target kami, Jateng ini mampu memberikan kontribusi sekitar 30 persen dari seluruh cabang kami. Saat ini cabang kami sudah ada di Jakarta, Medan, Surabaya, dan Bali," kata Uki, sapaan akrabnya.

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015