... untuk Petrokimia ini juga menjadi bagian dari peringatan HUT ke-43 Petrokimia."
Gresik (ANTARA News) - Kabupaten Gresik, Jawa Timur, menjadi pusat Pos Komando (Posko) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk Negeri dalam rangkaian kegiatan Kementerian BUMN memperingati 70 tahun kemerdekaan Republik Indonesia.

Ketua pelaksana kegiatan BUMN wilayah Jawa Timur, Nugroho Purwanto, di Gresik, Minggu, mengatakan bahwa penunjukan wilayah itu karena Kementerian BUMN menunjuk PT Pupuk Indonesia (Persero) sebagai koordinator pelaksana di Provinsi Jawa Timur.

Kemudian, ia mengemukakan, PT Pupuk Indonesia (Persero) menunjuk PT Petrokimia sebagai pelaksana teknis kegiatan, dan lokasi Petrokimia berada di Kabupaten Gresik, sehingga wilayah itu menjadi posko untuk penyelenggaraan aksi BUMN untuk Negeri di Jawa Timur.

Dikatakannya, setiap rayon dikoordinasi oleh satu BUMN yang pemilihannya mempertimbangkan letak geografis dan tempat usaha, serta setiap rayon terdiri dari dua hingga tiga kabupaten/kota.

Selain Petrokimia, juga ada PT PAL Indonesia dan PT Permodalan Nasional Madani (PMN) yang ditunjuk menjadi panitia bersama untuk koordinator rayon 1 Jawa Timur yang meliputi Kabupaten Gresik, Lamongan dan Bangkalan.

"Di Jawa Timur dibagi menjadi 16 rayon, dan untuk Petrokimia ini juga menjadi bagian dari peringatan HUT ke-43 Petrokimia," ucap Direktur Komersil PT Petrokimia Gresik itu.

Kementerian BUMN dalam peringatan 79 tahun kemerdekaan RI menyelenggarakan setangkaian kegiatan, antara lain jalan sehat, pemutaran film layar tancap, upacara peringatan HUT RI, perlombaan rakyat, bedah rumah veteran, bantuan fasilitas laboratorium sekolah menengah kejuruan (SMK), program siswa mengenal Nusantara dan pameran industri.

Di Gresik puncak acara akan digelar pada tanggal 16 hingga 17 Agustus 2015 dengan kegiatan Jalan Sehat 4 kilometer pada Minggu 16 Agustus 2015 start dan finish) di SOR Tri Dharma Petrokimia Gresik, katanya.

Acara dilanjutkan pada malam harinya dengan memutar film menggunakan layar tancap yang bertema nasionalisme atau cinta Tanah Air, yang dan diputar mulai pukul 19.00 WIB di Desa Lumpur, Gresik.

"Tiga film layar lebar sudah kita siapkan untuk nanti malam, yakni Garuda Di Dadaku, Laskar Pelangi dan Bendera," katanya menambahkan.

Pewarta: Abdul Malik Ibrahim
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015