Ankara (ANTARA News) - Sebanyak 200 orang Uygur Tiongkok pada Kamis (19/3) merayakan festival Nowruz di Turki, untuk memperingati hari pertama musim semi dan awal tahun kalender Persia.

Kedutaan Besar Tiongkok menjadi tuan rumah perayaan itu, yang juga dihadiri oleh warga lain Turki.

"Sangat baik bahwa Kedutaan Besar Tiongkok menjadi tuan rumah perayaan ini buat kami, yang belajar dan bekerja di luar negeri. Kacang dan buah kering yang mereka datangkan dari Xinjiang, dan penari musik Muqam menari sehingga membuat saya merasa seperti berada di rumah," kata Asiya, mahasiswi dari Xinjiang yang belajar di universitas Turki, kepada wartawan, sebagaimana dikutip Xinhua.

Banyak pengulas mengatakan sangat berarti untuk merayakan festival Nowruz sebab Turki sudah mengkaji potensi strategi "Satu Sabuk dan Satu Jalan", yang diusulkan Tiongkok dan akan menguntungkan kedua pihak.

"Saya harap Tiongkok dan Turki akan bergandeng tangan untuk membuat hidup jadi lebih baik buat rakyat kami," kata Yu Hongyang, Duta Besar Tiongkok untuk Turki.

Nowruz dirayakan pada hari berdasarkan astronomi Northward equinox, yang biasanya terjadi pada 21 Maret atau sehari sebelumnya atau sesudahnya tergantung atas tempat dilakukannya pengamatan.

Perayaan itu berasal dari zaman Persia purba dan juga dirayakan di Afghanistan, Azerbaijan, daerah Kurdi di Timur Tengah, dan negara lain di Asia Selatan serta Tengah.

(Uu.C003)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015