Manokwari (ANTARA News) - Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Drs Paulus Waterpauw mengatakan bahwa pembangunan Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Papua Barat akan dimulai awal 2016.

"Pemerintah Provinsi Papua Barat menyediakan lahan seluas 20 hektare di Kabupaten Manokwari untuk pembangunan Mapolda Papua Barat," kata Kapolda Paulus Waterpauw di Manokwari, Senin.

Dia mengatakan bahwa anggaran untuk pembangunan Mapolda Papua Barat serta sarana pendukung operasional Polda Papua Barat mencapai Rp270 miliar.

Pemerintah Provinsi Papua Barat bisa menyelesaikan pelepasan adat tanah dari masyarakat pemilik hak ulayat serta sertifikat dari Badan Pertanahan dalam waktu yang tidak lama, sehingga pembangunan Mapolda Papua Barat sudah bisa diusulkan.

Menurut dia, Polda Papua Barat untuk sementara waktu menggunakan Kantor Bupati Manokwari lama guna beraktivitas menunggu pembangunan Mapolda tersebut.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada Bupati Kabupaten Manokwari yang meminjamkan Gedung untuk Polda Papua Barat beraktivitas selama dua tahun ke depan," katanya.

Lebih jauh dia mengatakan kehadiran Polda di Provinsi Papua Barat untuk melayani masyarakat sehingga diharapkan kepada pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat mendukung pembangunan Mapolda Papua Barat yang akan dibangun di Susweni, Distrik (Kecamatan) Manokwari Barat.

Pewarta: Ernes B Kakisina
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015