Ke depan pengelolaan guru yang tersebar di sejumlah dirjen dikonsolidasikan menjadi satu yaitu Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan,"
Surakarta (ANTARA News) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan menginginkan ada bagian di Kemendikbud yaitu direktorat jenderal yang khusus mengurusi guru dan tenaga kependidikan sehingga kualitas pendidikan dapat ditingkatkan secara efektif.

"Ke depan pengelolaan guru yang tersebar di sejumlah dirjen dikonsolidasikan menjadi satu yaitu Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan," kata Anies di Surakarta, Jateng, Kamis.

Sejauh ini, kata Anies, pengelolaan kebijakan terkait guru masih terpecah ke sejumlah dirjen di Kemendikbud.

"Dirjen Dikdas itu mengelola guru, Dirjen PAUD, Dirjen Pendidikan Menengah juga mengelola guru. Nah sekarang kita semua berupaya mengkonsolidasikan urusan guru untuk dikumpulkan menjadi satu yaitu Direktorat Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan," kata dia.

Lebih lanjut, Mendikbud mengatakan selama ini kementerian yang dipimpinnya belum pernah memiliki direktorat jenderal khusus yang menangani guru. Padahal, baginya guru perlu perhatian khusus lantaran erat kaitannya dengan hasil pendidikan.

"Dirjen yang ada sekarang sekadar eksplisit menyebutkan guru sebagai bagian garapannya," kata Anies.

Dia mengatakan dengan adanya dirjen khusus tenaga kependidikan maka pengembangan guru akan lebih baik.

"Dirjen tersebut bermanfaat mengelola seluruh administrasinya, mengelola pengembangannya karena selama ini guru dikelola terpisah-pisah membuat pengelolaannya tumpang tindih," kata mantan Rektor Universitas Paramadina tersebut.

Menurut dia, guru merupakan ujung tombak pendidikan atau lebih utama dibandingkan fasilitas ajar seperti buku dan juga kurikulum.

"Saya percaya kekuatan pendidikan bukan di fasilitas, bukan di buku dan bukan di kurikulum. Kekuatan utama ada di gurunya. Kalau gurunya baik serta gurunya menginspirasi maka kualitas pendidikan ke depannya jauh lebih baik," katanya.

Selain itu, Anies menyasar adanya peningkatan kapasitas kepala sekolah lewat dirjen khusus guru dan tenaga kependidikan.

"Dirjen ini juga fokus pada peningkatan kepemimpinan kepala sekolah. Kalau pimpinannya baik maka sekolah juga bisa baik," kata dia.

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015