Syattariyah menentukan jatuhnya 10 Dzulhijjah dilakukan berdasarkan bilangan takwim khamsiah...
Padangpariaman (ANTARA News) - Jamaah Tarekat Syattariyah di Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat baru melaksanakan shalat Idul Adha 1435 Hijriyah, Senin, selisih sehari setelah waktu yang ditetapkan pemerintah.

Qhadi (Imam) Ulakan Tuanku Ali Imran, di Padangpariaman, Senin mengatakan seluruh jamaah Syattariyah di Sumbar pada umumnya serentak melaksanakan shalat Idul Adha hari ini.

"Syattariyah menentukan jatuhnya 10 Dzulhijjah dilakukan berdasarkan bilangan takwim khamsiah yang telah diajarkan secara turun-temurun dari ulama-ulama terdahulu," katanya.

Penentuan 10 Dzulhijjah sudah bisa dilakukan berdasarkan penentuan 1 Ramadhan dan 1 Syawal 1435 Hijriyah, katanya.

Ia sendiri juga memberikan khotbah terjemahan bahasa Indonesia, setelah itu dilanjutkan khotbah berbahasa Arab dibacakan Tuanku Basmir.

Setelah shalat dan khotbah, katanya, jamaah bubar diawali bersalaman dengan pengkhutbah sebagai rasa tanda terimakasih meskipun saling berebut bersalaman.

Sesuai tradisi, katanya, bersalaman dengan khatib/imam dipercayai secara turun-temurun bisa menghapuskan dosa-dosa.

Ketua Majelis Zikir Istiqamah Syattariyah (Mazis) Padangpariaman, Syafri Tuanku Imam Sutan Sari Alam, menjelaskan shalat Idul Adha Jamaah Syattariyah di Padangpariaman dipusatkan di kawasan makam dan masjid Syekh Burhanuddin di Kecamatan Ulakan Tapakis.

Sedangkan untuk penyembelihan hewan kurban akan dilakukan setelah shalat Idul Adha di surau-surau dan masjid yang tersebar di kabupaten itu.

Jemaah Syattariyah juga tersebar di sejumlah daerah di Sumbar, seperti di Kabupaten Pesisir Selatan, Sijunjung, Batu Sangkar, Solok dan kota Padang.

Di Kabupaten Padangpariaman, jemaah tersebar di antaranya di Kecamatan Sungai Sariak, Patamuan dan berpusat di Ulakan Tapakis.

Selain warga Padangpariaman yang melaksanakan shalat Idul Adha di masjid dan surau-surau di wilayah kabupaten itu, di Kota Padang, yakni di kawasan Padangsarai dan Kapalo Koto, Kecamatan Pauh, warga jamaah Syattariyah juga baru melaksanakan shalat Idul Adha. 

Pewarta: Agung Pambudi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014