Dumai, Riau (ANTARA News) - Pemerintah Kota (Pemkot) Dumai Riau menyumbangkan sebanyak 38 ekor hewan kurban sapi ke sejumlah masjid dan musalla yang akan melaksanakan penyembelihan pada Idul Adha mendatang.

Kepala Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Dumai Asnam, Kamis mengatakan, partisipasi hewan kurban untuk kepentingan penyembelihan di tengah masyarakat ini sudah dianggarkan dalam anggaran daerah.

"Bantuan hewan kurban kepada panitia di sejumlah masjid dan musalla ini sebagai wujud kepedulian pemerintah kepada masyarakat dalam rangka perayaan Idul Adha nanti," katanya kepada pers.

Menurutnya, penyediaan hewan kurban untuk Idul Adha ini didanai sepenuhnya oleh anggaran daerah senilai mencapai lebih dari Rp500 juta dan dilaksanakan dengan cara melelang lewat kepanitiaan Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).

Di samping itu, hewan kurban tersebut nantinya akan diserahkan kepada kepanitiaan kurban di sejumlah masjid dan musalla yang sudah ditetapkan pemerintah.

Penunjukan rumah ibadah yang menerima bantuan hewan kurban ini, lanjutnya, berdasarkan pengajuan proposal dari pengurus masjid dan musalla yang diterima dan selesai diverifikasi oleh tim pemerintah.

"Penerima hewan kurban ini merupakan masjid dan musalla yang telah mengajukan proposal permohonan dan belum pernah menerima bantuan pemerintah pada safari Ramadhan lalu," jelasnya.

Penyerahan hewan kurban secara simbolis, sebutnya, dijadwalkan dilakukan oleh Walikota Dumai Khairul Anwar pada Sabtu (4/10) depan kepada pengurus dan panitia kurban terpilih.

"Kita berharap dengan bantuan hewan kurban ini dapat bermanfaat bagi masyarakat yang merayakan Idul Adha, serta diridhoi Allah SWT," harapnya.

Dikutip dari laman lpesdumai.net, kegiatan belanja barang yang akan diserahkan kepada masyarakat (Belanja hewan kurban untuk masjid dan musalla) ini senilai Rp532 juta dengan satuan kerja Bagian Kesra Setdako Dumai.

(KR-AZK/N005)

Pewarta: Abdul Razak
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014