Surabaya (ANTARA News) - Perjalanan bus umum, mobil pribadi dan kendaraan lainnya dari Kota Malang ke Surabaya tertahan antara empat-lima jam akibat jalur utama terhalang truk kontainer terguling melintang di daerah Lawang, Kabupaten Malang, Minggu sore.

Wartawan Antara yang turut terjebak dalam antrean kemacetan kendaraan sejak dari arah Terminal Bus Arjosari, Kota Malang sekitar pukul 15.30 WIB, baru memasuki Kota Surabaya yang berjarak tidak kurang dari 100 kilometer itu pada pukul 22.00 WIB.

"Kemacetan kali ini terparah, paling lama. Perjalanan kendaraan Malang-Surabaya yang normalnya antara dua jam-tiga jam, kali ini sampai tujuh jam. Tertahan dalam kemacetan sampai lebih dari empat jam," kata Warno, salah seorang penumpang Bus Restu.

Menurut salah seorang awak Bus Restu jurusan Malang-Surabaya, perjalanan dari Terminal Arjosari Malang pukul 15.30, biasanya sampai Terminal Bungurasih di perbatasan Sidoarjo-Surabaya sekitar jam 18.00. Kali ini baru masuk Terminal Bungurasih sekitar pukul 22.00 WIB.

Akibat kemacetan parah di jalur utama Malang-Surabaya itu, bus umum, mobil pribadi dan kendaraan lainnya yang berada di ujung atau ekor kemacetan di Kota Malang, tertahan lebih lama lagi.

Kemacetan panjang di jalur utama dari arah Terminal Arjosari, daerah Blimbing-Lawang tersebut, dikabarkan sampai membuat banyak penumpang di Terminal Bungurasih Surabaya tujuan Malang kehabisan bus, akibat puluhan kendaraan umum itu tertahan dalam antrean di jalan raya tersebut.

Menurut Kanit Lantas Polsek Lawang AKP Triwik Winarni, truk kontainer L-8246-UP terguling melintang menutup lebih separuh badan jalan raya di wilayah hukum setempat sekitar pukul 17.00 WIB.

Proses penyingkiran/evakuasi truk kontainer yang cukup lama, membuat antrean kendaraan dari arah Malang semakin menumpuk dan jalan raya baru mulai bisa dibuka sekitar pukul 20.00 WIB.

Sementara arus lalu lintas kendaraan dari arah Surabaya tujuan Malang, meskipun sempat terhambat, namun bisa lebih cepat diurai dan saat memasuki petang sudah mengalir lancar.

Sementara itu pengemudi truk kontainer Puji Santoso diperiksa di Polsek Lawang, dan kendaraannya dengan nomor polisi L-8246-UP diamankan di markas kepolisian itu.
(T007/M008)

Pewarta: Tunggul Susilo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014