... pemanjatan ke dinding di zona Sangkulirang itu merupakan yang kedua kalinya... "
Bandung (ANTARA News) - Tim Ilas Merah Wanari 2014 akan melakukan ekspedisi panjat dinding ke dinding Karst "Legendaris" kawasan Sangkulirang, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur, pada 25 Mei - 20 Juni 2014.

"Kegiatan pemanjatan dinding karst Sangkulirang ini akan dilakukan dalam waktu sebelas hari, sedangkan sisanya akan melakan pendataan goa di kawasan itu," kata Ketua Rombongan Ilas Merah 2014 Wanadri, Yudia Andriansyah, di Gedung Indonesia Menggugat (GIM), Kota Bandung, Selasa.

Dalam kegiatan panjatan itu, tim Ilas Marah Wanadri juga akan berkolaborasi dengan Mapala Sabana dari Sekolah Tinggi Agama Islam Kalimantan Timur. Beberapa personil tim yang akan turut Deni Mardani, Esti Nurul Andini, Angga Pratama, serta perwakilan dari Mapala Sabana STAI Kalimantan Timur, Syaifurahman Abdullah.

Ardiansyah menyebutkan, tim itu terdiri dari sepuluh orang, termasuk seorang anggota tim putri. Sebanyak lima personil akan memanjat dinding karst sedangkan lima yang lain bersiap mendata gua-gua purba di kawasan itu.

"Kegiatan ini untuk membuka informasi terkait potensi wisata alam di Kars Sangkulirang berikut goa-goanya, selain itu juga dalam rangka peringatan HUT ke-50 Wanadri, 16 Mei 2014," katanya.

Dipilihnya dinding karst Sangkulirang tepatnya di Desa Pangadaan Kecamatan Karangan Kutai Timur di Kaltim, kata dia karena kawasan itu merupakan kawasan taman nasional karst yang tengah diajukan mendapat pengakuan sebagai Warisan Budaya Dunia dari Unesco.

"Bagi Wanadri pemanjatan ke dinding di zona Sangkulirang itu merupakan yang kedua kalinya, setelah pada 2012 juga dilakukan pemanjatan di dinding karst Tendoyan di kawasan itu," katanya.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014