Jakarta (ANTARA Newsa) - Artha Graha Peduli (AGP) kembali menggelar pasar sembako murah berlangsung selama 10 hari di berbagai daerah di Indonesia.

"Di tengah hiruk pikuk kampanye menjelang Pemilu, AGP tetap fokus memberikan bantuan masyarakat tidak mampu. Kegiatan ini sama sekali tidak terkait dengan partai atau dukung mendukung tetapi murni kepedulian AGP," kata Koordinator Pasar Sembako Murah AGP Anas Latif di Jakarta, Selasa.

Mengawali rangkaian pasar sembako murah selama 10 hari hingga 3 April, Anas mengatakan pihaknya melakukan "kick off" di Kelurahan Menteng, Jakarta Pusat. Dalam acara "kick off" tersebut, disediakan 1.500 paket sembako senilai Rp52.000 yang dijual seharga Rp25.000.

Menurut Anas, pihaknya memang menjual sembako bersubsidi, bukan gratis, supaya hasil penjualan yang diperoleh bisa digunakan untuk program pasar sembako murah selanjutnya.

"Program ini sudah berjalan sejak 1990-an, berawal dari paket kecil-kecilan. Hingga awal tahun ini, kami sudah menjual sembako murah hingga 1,5 juta paket. Akhir tahun ini kami targetkan bisa mencapai 2 juta paket," tuturnya.

Anas mengatakan pihaknya bersama RW dan aparat kelurahan melakukan survei untuk membagikan kupon sembako murah sehingga diharapkan tepat sasaran, yaitu warga tidak mampu.

Lurah Menteng, Jakarta Pusat, Sulastri mengatakan 70 persen warganya adalah masyarakat menengah bawah, yang tinggal di 25 persen wilayah tersebut.

"Sebanyak 75 persen wilayah Kelurahan Menteng dihuni kalangan menengah atas. Namun jumlah masyarakat menengah bawah lebih banyak. Mungkin selama ini warga Jakarta beranggapan Menteng adalah kawasan elit," kata Sulastri.

Menurut Sulastri, terdapat 10 RW di Kelurahan Menteng. Sebanyak enam RW dihuni masyarakat menengah bawah dan hanya tiga RW yang dihuni kalangan menengah atas.

"Sedangkan satu RW setengahnya dihuni masyarakat menengah atas dan setengah lainnya menengah bawah," ujarnya.

Sulastri mengatakan program pasar sembako murah AGP baru pertama kali diadakan di wilayahnya, tetapi sudah beberapa kali di kelurahan lain di wilayah Kecamatan Menteng. (*)

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014