pembuatan lahan parkir vertikal off the street dapat menampung parkir kendaraan untuk daerah di sekitar gedung tersebut.
Jakarta (ANTARA News) - Kekurangan lahan parkir di DKI Jakarta dapat diatasi dengan lahan parkir vertikal yang memaksimalkan lahan yang ada.

"Lahan parkir bisa dibuat secara vertikal," kata Ahli Tata Kota Universitas Trisakti, Nirwono Joga, saat acara Seminar Solusi Parkir Jakarta Baru di Jakarta, Senin.

Minimnya lahan parkir di Jakarta, jelas Nirwono, membuat ruas jalan dijadikan lahan parkir. Bahkan tidak jarang, lahan pejalan kaki dijadikan sebagai tempat parkir.

Nirwono menyebutkan, dengan pembuatan lahan parkir vertikal off the street dapat menampung parkir kendaraan untuk daerah di sekitar gedung tersebut.

"Kalau agak jauh dari tempat parkir bisa disediakan sepeda," katanya.

Dengan penggunaan parkir vertikal ini, Nirwono menyebut bahwa yang diuntungkan bukan hanya dari segi pemilik kendaraan saja namun juga memberikan efek lanjutan.

"Ada turunan-turunan yang diuntungkan seperti pengguna jalan menjadi lebih nyaman," katanya.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga harus mengatur secara jelas lokasi-lokasi yang memang bisa dijadikan tempat parkir vertikal maupun tidak.

"Harus ada pembagian yang jelas terhadap mana yang boleh mana yang tidak," katanya.

(Dny)

Pewarta: Deny Yuliansari
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014